Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Jauhar Asmara Merintis DJACK's Fried Chicken, Jual Mobil untuk Modal

Kompas.com - 19/11/2023, 10:55 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.comFried Chicken atau ayam goreng merupakan menu kuliner yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Tak heran jika ayam goreng menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Jauhar Asmara salah satu pelaku usaha Fried Chicken. Ia memulai usaha ini sejak tahun 2020 dengan nama brand DJACK’s Fried Chicken. Usaha yang Jauhar jalankan memiliki konsep kemitraan.

Pernah Berbisnis Dengan Teman

Sebelum memutuskan membuka usaha sendiri, Jauhar mengawali bisnis bersama teman-temannya sejak tahun 2015 dengan nama brand Al’s Chick.

Baca juga: Kisah Sukses Tahu Jeletot Taisi, dari Teras Rumah hingga Punya 600 Mitra di Pulau Jawa

Saat itu, dalam waktu kurang dari dua tahun, Al's Chick sudah berhasil mendapatkan lebih dari 100 mitra. Sayangnya di tahun 2019, menurun drastis saat Covid-19.

“Setelah 5 tahunan usaha dengan teman, akhirnya saya putuskan usaha sendiri karena perbedaan visi dan misi dalam bisnis,” kata Jauhar (44) saat ditemui Kompas.com di kantor FIF Group Cabang Pasar Minggu, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Menjual Mobil Untuk Modal

Sejak memisahkan diri dari teman-temannya, Jauhar mencoba bangkit dengan memulai usaha baru dengan modal dari menjual mobil.

“Saya mulai DJACK’s Fried Chicken dengan modal Rp 80 juta hasil menjual mobil, untuk buka satu outlet sebagai sampel,” ungkap Jauhar.

Beruntungnya, usaha ayam goreng Jauhar banyak dilirik oleh calon mitra, bahkan saat opening saja sudah ada yang mendaftarkan diri untuk franchise.

“Sebelum launching saya sudah mulai campaign dan sudah ada 2 mitra yang bergabung saat itu,” tutur Jauhar.

Baca juga: Hayafest 2023 Bantu Mitra UKM Halal Community Pasarkan Produk

Sulitnya Mengelola Sendiri

Mitra DJACK's Fried ChickenNur Wahyu Pratama Mitra DJACK's Fried Chicken

Jauhar mengaku, dirinya merasa kesulitan harus mengurus 11 mitra yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

“Semuanya saya kerjain sendiri, mulai dari antar bahan baku dengan menggunakan sepeda motor, itu saya (lakukan) sendiri,” ujar Jauhar.

Meski demikian, Jauhar bersyukur karena dengan mengelola semuanya sendiri, ia bisa tahu secara mendalam bisnisnya, tahu jarak tempuh ke mitra, dan estimasi pengiriman bahan baku.

Baca juga: Cerita Wayan Merintis Bisnis Virtual Reality, Ingin Buat Edukasi Sejarah Lebih Menarik

Penentuan Lokasi dan SDM Menjadi Tantangan

Sama dengan pelaku usaha kemitraan lainnya, penentuan lokasi dan masalah pembayaran masih menjadi masalah klasik yang membuat dirinya pusing.

“Banyak juga calon mitra yang ingin bergabung menanyakan pembayarannya bisa dicicil apa tidak, walaupun cicilnya tidak bertahun-tahun, tetap menjadi kendala buat kita. Tapi saya berpikir ini bisa menjadi peluang,” ungkap Jauhar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com