Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Jagoan Lokal Bersama J&T Cargo Gelar Edukasi soal Social Commerce untuk UMKM

Kompas.com - 20/12/2023, 19:38 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Jagoan Lokal yang diinisiasi Kompas.com bermitra dengan salah satu industri logistik lokal, J&T Cargo, menggelar pelatihan sebagai upaya mengedukasi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Program Jagoan Lokal kali ini yang bertema “Efisiensi untuk UMKM Berekspansi”, dilangsungkan di Aula Rumah Joglo Bentara Budaya Jakarta pada Selasa (19/12/2023). 

Menghadirkan tiga pembicara yang memiliki background berbeda, yakni Muhammad Said Abdullah, Network J&T Cargo, Luthfi Kurniawan dari KG Media, dan Bayu Hermawan, CEO Tambi Yaku.

Baca juga: Shipper Gandeng Kemenkop UKM Beri Pelatihan Logistik ke UMKM

Dalam paparannya, Luthfi Kurniawan selaku Head of Social Media Marketing dan Video Production KG Media mengatakan, pengguna media sosial aktif di Indonesia memberikan dampak signifikan pada pendapatan yang dihasilkan dari social commerce.

“Pada tahun 2022, social commerce berkontribusi 10 persen terhadap total penjualan retail, dan pada tahun 2025, proyeksinya ditargetkan mencapai 20 persen,” paparnya.

Luthfi juga mengaitkan hal tersebut dengan pentingnya penggunaan media sosial secara tepat bagi para pelaku UMKM, untuk membantu mengembangkan usaha yang dijalankan naik kelas.

Dia menyebutkan empat strategi kampanye yang harus dilakukan seorang pelaku usaha, agar dapat memaksimalkan branding dan penjualan.

“Strategi kampanye di social commerce ada empat, pertama tunjukkan produk yang dijual, kedua tunjukkan kisah pembuatan atau di balik layar. Seterusnya, hadirkan konten edukasi, gagas sebuah event dan bagikan cerita mengikuti event. Terakhir, yang tak kalah penting, promo dan diskon,” jelas Luthfi.

Baca juga: WomenSweetpreneurs Dorong UMKM Perempuan Manfaatkan Story Telling Merek untuk Gaet Pelanggan

Selain penggunaan media sosial yang tepat, industri logistik, dalam hal ini layanan ekspedisi juga memiliki peran penting bagi UMKM, terutama terkait pengiriman barang.

Muhammad Sahid Abdulloh, Manager J&T Cargo mengatakan, sebagai perusahaan yang ebrgerak di bidang jasa sejak 2015, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, khususnya kepada para pelaku UMKM.

“Patut diketahui, J&T Cargo tidak pernah menunggu armada penuh dengan barang (paket) untuk kemudian berangkat dan mengirimkan paket,” ujar Sahid.

Bahkan, J&T Cargo juga menyediakan asuransi yang dapat melindungi barang maupun dokumen yang dikirimkan melalui armada mereka, hingga senilai Rp 200 juta untuk setiap nomor resi.

Baca juga: 7 Cara Tetap Untung dengan Strategi Promo Gratis Ongkir

Dalam kesempatan yang sama, Bayu Hermawan pemilik Tambiyaku juga membagikan ceritanya dalam membangun bisnis makanan sehat, yakni shorgum.

Salah satu cara yang dilakukannya untuk mempromosikan produk adalah bergabung dengan beberapa komunitas. Selain itu, ia juga menjadi mitra binaan lembaga oemerintahan dan swasta, serta membuka kemitraan untuk agen reseller untuk memperluas pasar.

Hal ini benar adanya, produk Tambi Yaku berhasil bersanding dengan produk lokal dari industri besar di berbagai gerai toko retail di Indonesia.

“Saya memaksimalkan pengembangan market produk dengan menerima kemitraan dari pelanggan Tambiyaku. Kini agen reseller sudah tersebar hampir di seluruh kota besar di Indonesia, dari ujung barat hingga timur," ucapnya.

Baca juga: Hana Bank Gandeng Amartha untuk Penyaluran Pembiayaan ke UMKM

Acara program Jagoan Lokal ini dihadiri oleh lebih dari 50 pelaku UMKM.

Di sini para pelaku UMKM dapat berdiskusi berbagai hal terkait branding, promosi, pemasaran, bahkan menyampaikan keluh kesah berkaitan dengan social commerce dan layanan ekspedisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com