Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bisnis Bengkel Modifikasi Motor

Kompas.com - 01/01/2024, 13:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Bagi para pecinta motor, kendaraan ini bukan cuma sekedar alat transportasi saja, tetapi sudah menjadi bagian hidup. bahkan partner sejati yang menemani dalam suka dan duka kehidupan.

Jadi tak heran, jika banyak yang kemudian memodifikasi kendaraan roda duanya. Bukan hanya agar terlihat garang ketika dipakai berkendara di jalan tapi juga tetap nyaman dan aman.

Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, sekaligus menarik untuk dikembangkan. Anda bisa menawarkan berbagai jasa mulai dari servis ringan hingga berat, modifikasi atau kustom builder, maupun bengkel spesialis.

Tertarik memulai bisnis bengkel khusus modifikasi motor milik Anda sendiri? Jangan buru-buru, simak dulu beberapa tips menarik berikut ini seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Lengkapi Bengkel dengan Peralatan hingga Produk Modifikasi

Saat ingin memulai bisnis, terutama untuk bengkel motor, artinya Anda wajib menyiapkan berbagai macam alat pendukung yang dibutuhkan. Mulai dari kunci dengan beragam ukuran, kompresor angin, produk dan sparepart modifikasi serta berbagai peralatan lainnya.

Nantinya peralatan dan produk tersebut akan sangat dibutuhkan untuk keperluan reparasi maupun modifikasi motor. Jadi usahakan untuk menyiapkan semua hal yang dibutuhkan tanpa ada yang tertinggal.

Pasalnya, jika ada satu saja alat yang kurang bisa membuat pekerjaan menjadi terhambat. Alhasil bisa membuat pelanggan kecewa dan malas kembali lagi untuk servis atau modif motornya.

2. Buat Portofolio yang Meyakinkan

Tips sukses membangun bisnis bengkel motor modifikasi selanjutnya adalah dengan membangun portofolio bengkel yang meyakinkan. Portofolio ini bisa juga berupa sampel motor hasil modifikasi dari bengkel Anda.

Dengan memamerkan hasil portofolio yang kece dan meyakinkan, ini bisa membuat calon pelanggan penasaran. Sehingga kemudian mereka yang tertarik akan datang ke bengkel untuk memodifikasi motor kesayangannya.

Untuk mendapatkan portofolio ini, Anda bisa mulai dengan motor milik Anda sendiri atau sahabat dekat dengan dengan harga “teman”. Lakukan dengan maksimal, supaya hasilnya memuaskan dan bisa membuat calon pelanggan tertarik.

3. Kembangkan dengan Inovasi

Bisa dikatakan jika modifikasi motor selalu mengalami perkembangan dan yang sangat cepat berubah. Hampir selalu ada hal-hal baru dan berkembang menjadi tren. Untuk itu, inovasi dalam bisnis ini menjadi hal yang wajib dilakukan.

Jangan lelah untuk terus belajar dan berinovasi serta mengembangkan skill modifikasi yang dimiliki. Tak perlu kemana-mana, karena Anda bisa mendapatkan banyak informasi penting dan bermanfaat hanya dari media sosial.

Jangan lupa, untuk selalu memperhatikan pelayanan yang diberikan pada pelanggan dengan selalu menunjukkan sikap ramah dan welcome kepada semua pelanggan. Jika perlu, tambahkan fasilitas hiburan untuk para pelanggan selama mereka menunggu motornya diperbaiki atau dimodifikasi. Misalnya WiFi gratis, televisi, majalah, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Tambal Ban Mobil dan Analisa Modalnya

4. Kembangkan Jangkauan Koneksi

Membangun koneksi juga sangat penting dalam membangun bisnis bengkel khusus modifikasi motor. Pasalnya, selain promosi iklan dan lokasi bengkel yang strategis, hal ini pun juga terbilang efektif sebagai sarana promosi.

Salah satu caranya dengan bergabung dalam suatu komunitas khusus pecinta motor modifikasi. Anda bisa menemukan komunitas semacam ini dengan mudah di berbagai platform media sosial. Selain itu, jangan lupa untuk rajin mengikuti kopdar atau pertemuan anggota komunitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com