Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Strategi agar Dapatkan Pembeli dari Sekitarmu

Kompas.com - 02/05/2024, 13:11 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat merintis bisnis, tentunya kamu sudah menemukan lokasi yang strategis. Umumnya orang-orang membuka bisnis di rumah mereka atau mencari tempat lain yang sesuai dengan kriteria mereka.

Namun, lokasi yang strategis tidak serta merta langsung mendatangkan pembeli. Terkadang, orang-orang tidak mengetahui adanya toko atau restoran baru sehingga kamu perlu memberikan awareness pada mereka. 

Nah, supaya orang-orang di sekitar tahu akan keberadaan bisnismu, kamu perlu tahu strategi kuncinya. Untuk mengetahuinya, mari baca artikel berikut yang telah dilansir Kompas.com dari entrepreneur.com.

Baca juga: Ini Cara Owner Umels Box Dapatkan Pelanggan Bisnis Kemasan

Maksimalkan Profil Media Sosial

Supaya akun profil bisnismu dapat dikenal orang-orang terdekat dari lokasi, kamu bisa menambahkan alamat di bio. Jangan lupa tambahkan contact person dan juga tautan atau link yang mengarah pada website.

Dengan mencantumkan alamat di bio, orang-orang yang dekat dengan lokasi bisnismu dapat langsung berkunjung. Mereka pun jadi tahu akan keberadaan bisnismu dan bisa juga menyarankannya pada orang-orang sekitar. 

Untuk kamu yang bergerak dalam bisnis kuliner, kamu bisa memanfaatkan fitur near me yang biasa ada dalam tampilan Gofood, Shopeefood, dan Grabfood. Ketika pembeli membuka laman untuk memesan makanan, maka restomu juga akan muncul. 

Baca juga: Cara Soes Surgawi Manfaatkan Kuis Berhadiah untuk Strategi Promosi

Coba Pakai Hastag Lokasi

Setelah memaksimalkan profil di media sosial, kamu juga gunakan hastag lokasi bisnis kamu saat mengirim unggahan. Misalnya kamu membuat konten terkait bisnismu, jangan lupa cantumkan hastag berupa lokasi bisnismu pada caption.

Dengan cara ini, orang-orang akan mudah untuk menemukan rekomendasi tempat melalui hastag. Siaoa tahu, para calon pembeli bisa menemukan lokasi bisnismu melakui hastag tersebut.

Selain itu, buat juga konten yang menarik perhatian pembeli. Contohnya ketika kamu membuka bisnis restoran, ambil spot terbaik untuk dijadikan video reels. Coba juga selalu ikuti tren konten di reels Instagram atau TikTok.

Baca juga: Ketahui Manfaat Maskot Brand untuk Promosi Bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com