Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Soes Surgawi Manfaatkan Kuis Berhadiah untuk Strategi Promosi

Kompas.com - 24/04/2024, 12:21 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Siang hari di tengah panas yang terik, orang-orang ramai masuk ke dalam salah satu ruko. Rupanya mereka sedang mengantri untuk membeli kue sus yang terdiri dari aneka macam rasa. 

Kue sus tersebut dikenal dengan nama brand Soes Surgawi. Banyak varian rasa kue sus yang bisa dicoba, seperti rasa durian, cokelat, keju, stroberi, dan lainnya. 

Pada Selasa (23/4/2024), Kompas.com berkesempatan untuk berbincang dengan Retno Anggraini (38), manajer operasional Soes Surgawi. Melalui perbincangan tersebut, Retno menceritakan strategi promosi Soes Surgawi yang sudah berjalan sejak 2019. 

Baca juga: Cerita Nurhayati, Rintis Bisnis Kue Kering hingga Beromzet Ratusan Juta

Manfaatkan Kuis Berhadiah

Rupanya, Soes Surgawi berusaha untuk memaksimalkan media sosial yang sudah ada sebagai strategi promosi. Mereka menggunakan kuis-kuis berhadiah untuk bisa berinteraksi dengan para pelanggan.

"Untuk memanfaatkan media sosial, kami pakai cara bikin kuis berhadiah. Bahkan ada pelanggan yang dapat emas batangan juga. Itu real ya, enggak dibuat-buat," ucap Retno. 

Kemudian, hadiah-hadiah lain yang ditawarkan dapat berupa satu box kue sus atau ada yang mendapatkan satu box kue sus selama satu tahun. 

Baca juga: 5 Kiat Sukses Berbisnis Kue ala Ratri Wulan, Pemilik Yummie Cakery

"Jadi kalau ada yang dapat hadiah satu box kue sus untuk satu tahun, kami benar-benar rutin mengirimkan sepanjang tahun. Itu sebagai promosi juga," lanjutnya.

Adakan Kuis Secara Rutin

Tidak hanya memperhatikan hadiah-hadiah yang akan didapat pelanggan, pihak Soes Surgawi juga konsisten dengan keberlanjutan kuis. Mereka mengadakan kuis setiap bulan dan juga saat anniversary. 

"Biasanya setiap bulan dan anniversary kami ada kuis-kuis. Kalau hadiah emas batangan itu, pernah kami lakukan waktu anniversary," lanjut Retno. 

Baca juga: 4 Tips Ampuh untuk Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kue Basah

Selain mengadakan kuis, Soes Surgawi juga memanfaatkan Instagram untuk memberikan awareness pada pelanggan terkait produk-produk terbaru mereka. Apalagi, Soes Surgawi mengeluarkan produk baru tiap bulannya dengan label special edition

"Kami setiap bulannya selalu mengeluarkan ide-ide baru soal varian rasa dari kue sus. Nah, biasanya kami launching varian rasa baru tersebut dengan nama special edition. Lalu kami umumkan di Instagram," tutur perempuan asal Yogyakarta tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com