Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Owner Umel's Box Dapatkan Pelanggan Bisnis Kemasan

Kompas.com - 30/04/2024, 21:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap usaha atau bisnis pasti memerlukan kemasan atau packaging untuk produk mereka. Beberapa dari mereka ada yang mengandalkan usaha pembuatan kemasan lalu memesan sesuai keinginan mereka. 

Di Magelang, Jawa Tengah ada bisnis kemasan hard box yang sudah berjalan selama 11 tahun, yakni Umel's Box. Pasar Umel's Box bahkan sudah menjangkau hingga luar Pulau Jawa, seperti Riau dan Kalimantan. 

Umel (30) sebagai pemilik Umel's Box menyebut cara dirinya menggaet konsumen. Rupanya ada beragam cara yang sudah dilakukannya. Bahkan hingga mampu mengisi workshop

Baca juga: Berawal dari Keinginan Beli Laptop, Umel Berhasil Bangun Bisnis Kemasan hingga 11 Tahun

Promo Pembelian dengan Subsidi Ongkir

Untuk menggaet atensi dari konsumen, Umel menggunakan strategi periklanan seperti bisnis lainnya. Namun, ia menggunakan cara menawarkan promo pembelian dengan subsidi ongkir. 

"Contohnya nih, untuk pembelian di atas Rp 1 juta, nanti dapat subsidi ongkir Rp100.000 atau free ongkir untuk pembelian di atas Rp 5 juta," ungkap Umel saat berbincang dengan Kompas.com pada Selasa (30/4/2024). 

Mengunjungi Para Pelaku UMKM Secara Langsung

Sebagai pebisnis produk kemasan yang memberikan tawaran jasa pada UMKM, Umel pun juga mengunjungi mereka secara langsung. 

Baca juga: Kisah Rengkuh Banyu, Ciptakan Kemasan Makanan dari Limbah Pelepah Pisang

"Terus aku juga mengunjungi UMKM-UMKM yang ada di daerah aku. Aku ajak mereka untuk berkolaborasi," lanjut Umel. 

Selain promosi secara langsung dengan para pelaku UMKM, Umel juga membuat publikasi di media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Youtube. Umel memanfaatkan Instagram dan TikTok untuk membuat konten-konten terkait bisnis kemasan miliknya.

"Kalau di YouTube aku buat video tutorial cara membuat kemasan produk dari hard box. Termasuk cara pemotongan dan sebagainya," tutur ibu rumah tangga tersebut. 

Baca juga: 4 Tips Menjalankan Usaha Kuliner Kemasan ala Owner Maipeh Food

Ikut Bazaar dan Mengisi Workshop

Umel menyebut bahwa ia juga memanfaatkan event-event seperti pameran atau bazaar. Melalui acara tersebut, Umel bisa menunjukkan hasil karyanya pada orang-orang yang berkunjung.

"Jadi aku juga ikut bazaar-bazaar UMKM gitu, terus pernah ngisi workshop juga dan ikut berbagai komunitas," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Umel mengungkap bahwa bisnis pembuatan kemasan produk hard box memiliki prospek pasar yang terjamin. Alasannya, setiap usaha pasti butuh kemasan produk sehingga bisnis ini seolah tidak ada matinya. 

Baca juga: 7 Kiat Sukses Bisnis Jasa Pembuatan Desain Kemasan Makanan dan Minuman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com