Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kiat Sukses Bisnis Jasa Pembuatan Desain Kemasan Makanan dan Minuman

Kompas.com - 19/11/2023, 19:34 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Saat ini pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) makanan dan minuman di Indonesia semakin banyak. Mereka pasti membutuhkan kemasan yang menarik dan unik untuk produknya.

Pembuatan desain kemasan harus keren, tepat, unik, dan eye-catching sehingga mampu menarik calon konsumen untuk memberi produk makanan dan minuman tersebut.

Meskipun demikian, masih banyak pelaku UMKM yang tidak memiliki kemampuan untuk membuat desain pada kemasannya. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi kamu yang memiliki kemampuan membuat desain.

Baca juga: Optimistisme dan Tantangan UMKM Kuasai Pasar Lokal

Tertarik membuka jasa desain kemasan produk makanan dan minuman bagi pelaku usaha? Simak tujuh kiat sukses berikut ini seperti yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Modal Yang Dibutuhkan

Dalam memulai usaha jasa desain produk kemasan, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Modal yang kamu butuhkan hanya sebuah laptop dan keterampilan saja. Bahkan kamu bisa bekerja dari rumah untuk menghemat biaya sewa tempat.

2. Buat Profil Perusahaan

Setelah usahamu terbentuk dan sudah di jalankan, kamu harus membuat company profile atau profil perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi dasar lengkap mengenai usahamu sehingga dapat menarik para investor dan konsumen.

Baca juga: Cerita Jauhar Asmara Merintis DJACKs Fried Chicken, Jual Mobil untuk Modal

Kamu harus membuat company profile yang menarik dengan menyertakan portofolio usaha dan katalog desain kemasan produk yang menarik tentunya.

3. Berikan Harga Diskon

Untuk menarik konsumen, kamu bisa memberikan potongan harga selama masa promo dan pada acara tertentu.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa memberikan diskon untuk menjaga loyalitas member atau pelanggan tetap.

Baca juga: 6 Tips Memulai Butik Rumahan

4. Bangun Komunikasi Intensif

Sebagai pengusaha yang bergerak di bidang jasa, kamu harus menjalin kerja sama dan membangun komunikasi intensif dengan para pengusaha produksi makanan dan minuman.

Kamu bisa bergabung ke komunitas mereka, baik di grup maupun yang ada di internet. Kamu juga bisa menemukan partner dengan mengikuti beragam pameran yang berkaitan dengan makanan dan minuman sehingga membuka lebih banyak pasar lagi.

5. Rekrut Desainer Andal

Jika kamu ingin memulai usaha ini tapi tidak memiliki kemampuan yang mencukupi atau kamu ingin mengembangkan usahamu, kamu bisa merekrut desainer yang kreatif, terampil, dan bisa bekerja sama dengan kita.

Baca juga: Penting, Ini Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis

6. Berikan Pelayanan Batas Tiga Kali Revisi Desain

Agar tidak mempersulit dirimu, kamu sebaiknya memberikan batas revisi desain sebanyak tiga kali perubahan, selebihnya akan dikenai charge tambahan biaya desain.

7. Tolak Pembuatan Desain yang Menjiplak Merek Terkenal

Apabila kamu mendapat pesanan dari konsumen untuk membuat desain suatu brand terkenal dengan tujuan pembajakan produk, sebaiknya kamu tolak karena perbuatan ini melanggar hukum dan bisa terjerat pidana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com