Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Strategi Promosi Bundling Produk, Pebisnis Wajib Tahu!

Kompas.com - 12/03/2024, 21:10 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bundling merupakan strategi promosi dengan cara mengelompokkan dua atau lebih barang menjadi satu pembayaran produk saja.

Produk yang ditawarkan biasanya memang lebih hemat dan terdapat bonus produk tambahan. Itulah mengapa banyak pembeli yang tertarik dengan promo bundling.

Namun, meskipun demikian pebisnis juga bisa mendapat keuntungan melalui teknik bundling ini.

Pasalnya, promosi bundling bisa menarik pundi-pundi rupiah lebih banyak. Karena tingkat penjualan melalui promosi ini juga terus bertambah.

Tidak perlu khawatir akan rugi, berikut ini adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berjualan dengan teknik promosi bundling, seperti yang dilansir dari gramedia.com

Baca juga: Strategi Promosi di Bulan Ramadan, Salah Satunya dengan Paket Bundling

1. Meningkatkan penjualan

Promosi tentu saja dilakukan untuk menaikkan tingkat penjualan. Sama halnya dengan promosi bundlingBundling yang mengelompokkan beberapa produk menjadi satu item memungkinkan kenaikkan penjulan secara umum.

Bahkan, melalui promosi bundling ini barang menjadi lebih cepat terjual. Jika biasanya pembeli jarang membeli suatu produk, namun melalui bundling mereka bisa membeli beberapa produk secara bersamaan.

Maka dari itu rata-rata penjualan akan mengalami kenaikan.

2. Mengurangi biaya

Ada dua jenis biaya yang dapat dipangkas melalui promosi bundling. Pertama, perusahaan bisa mengurangi biaya pemasaran.

Jika awalnya pemasaran produk dilakukan secara terpisah, melalui paket bundling perusahaan bisa memasarkan beberapa produk dalam satu waktu.

Kedua, perusahaan bisa mengurangi biaya distribusi. Karena produk sudah dipaketkan menjadi satu item, maka perusahaan tidak perlu menghabiskan lebih banyak biaya distribusi. Misalnya mengurangi biaya kemasan, produk bundling dapat dikemas dalam satu paper bag yang sama.

Baca juga: 4 Strategi Efektif Meningkatkan Keuntungan, Pelaku Usaha Wajib Tahu

3. Memudahkan pelanggan

Promosi paket bundling juga sering dilirik oleh pelanggan karena memudahkan mereka. Biasanya produk yang dikategorikan menjadi bundling memiliki fungsi yang saling berhubungan.

Misalnya untuk paket bundling skincare, pembeli akan mendapat produk skincare siang dan malam hari. Kedua produk ini pada dasarnya saling melengkapi.

Melalui promosi bundling, pembeli akan semakin mudah menggunakan produk sesuai dengan standar pemakaian dan kebutuhannya.

Itulah mengapa banyak pembeli yang lebih memilih paket bundling dalam membeli sebuah produk.

4. Menghabiskan stok barang

Beberapa produk yang kurang peminat biasanya akan menumpuk di gudang. Melalui teknik promosi bundling, produk tersebut lebih mungkin untuk terjual cepat jika digabungkan dengan produk lain yang lebih diminati.

Oleh karena itu salah satu keuntungan promosi bundling adalah memungkinkan untuk menjual produk yang sulit terjual di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com