Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Launching Produk Baru

Kompas.com - 01/05/2024, 16:37 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk memenuhi kebutuhan pasar, sebuah bisnis akan berusaha mengeluarkan produk terbaru mereka. Ada banyak yang mereka persiapkan mulai dari brainstorming, proses pembuatan, dan sebagainya. 

Ketika produk sudah rilis atau launching, terkadang ada produk yang tidak dilirik oleh pasar sehingga tidak diproduksi kembali. Kecuali, produk-produk yang memang dikhususkan untuk dijual dalam jangka waktu tertentu. 

Nah, untuk memahami hal-hal apa saja yang perlu dilakukan ketika launching produk, kamu bisa menyimak artikel berikut ini. 

Baca juga: Pahami 5 Manfaat Soft Launching Produk Baru

1. Selalu Ingat Ada Harga Ada Kualitas

Jika produk dari bisnismu kurang dilirik oleh pasar, kemungkinan ada yang salah dalam penentuan harga. Bisa terlalu murah atau terlalu mahal. 

Para konsumen biasanya akan membandingkan antara harga yang kamu tawarkan dengan kualitas yang diperoleh. Bahkan, mereka bisa juga membandingkan dengan produk dari brand lain. Jadi, kamu bisa mulai evaluasi dari hal tersebut.

Pastikan kualitas produkmu sepadan dengan harga yang harus dibayar. Jangan sampai membuat para pembeli kecewa, karena tidak mendapatkan kualitas yang baik dengan harga mahal.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan agar Produk Baru Laku di Pasaran

2. Cek Kembali Siapa Target Pasarmu

Ketika membuat suatu produk, pastikan kamu sudah menentukan target segmen pasar. Hal ini juga akan memudahkan pihak marketing untuk menyusun kata-kata persuasif yang sesuai dengan target yang dituju. 

Jadi jangan merasa suatu produk harus untuk semua orang. Tiap orang memiliki latar belakang dan preferensi yang berbeda-beda, tergantung pada umurnya. Maka kamu juga harus menyesuaikan dengan hal tersebut. 

3. Percaya dengan Hasil Riset Tim Marketing

Ketika kamu berambisi untuk meluncurkan produk baru, sebaiknya kamu juga mendengarkan pendapat dari tim marketing. Jangan terlalu tergesa-gesa dan pahami persoalan dari sisi mereka. 

Baca juga: Inovasi Ajik Krisna Membuat Produk Baru agar Digemari Konsumen

Alasannya, tim marketing tentu sangat paham dengan dinamika pasar dan mereka yang berinteraksi langsung dengan konsumen. Percayalah dengan kemampuan mereka dan jangan gegabah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com