Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Ajik Krisna Membuat Produk Baru agar Digemari Konsumen

Kompas.com - 30/11/2023, 08:18 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Inovasi produk bisa lahir dari persoalan yang dihadapi oleh pemilik usaha. Tidak terkecuali karena adanya pasokan yang tidak sesuai ekspektasi.

Hal serupa juga dialami oleh pemilik toko ritel Krisna Oleh-oleh Khas Bali milik Ajik Krisna. Dia kerap mendapati stok dari UMKM lokal kurang diminati konsumen karena kurangnya inovasi. Dari situ, dia memilih melakukan inovasi dan improvisasi dengan membuat produk sendiri.

Lantas, bagaimana cerita Ajik melakukan inovasi produk?

 

Menginisiasi Produk Baru

Hingga saat ini Ajik telah bekerjasama dengan 475 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali sebagai pemasok produk oleh-oleh yang dipasarkan melalui toko retailnya.

Untuk meningkatkan penjualan dan menarik minat pembeli, Ajik meminta para pemasoknya dapat melakukan inovasi.

Namun, dia kerap mendapatkan pasokan dari UMKM yang tidak mengalami pengembangan atau hanya memodifikasi resep dan tampilannya. Padahal, inovasi yang diinginkan Ajik adalah lahirnya produk baru yang berpotensi menarik pengunjung.

“Kalau saya bilang ke mereka untuk lakukan inovasi, sering kali mereka tidak bisa menghasilkan produk dengan inovasi yang memang berbeda. Sehingga saya sendiri juga harus bergerak dan memanfaatkan peluang ini,” kata Ajik saat diwawancarai Kompas.com dalam Pameran Cerita Nusantara di JCC, Selasa (28/11/2023).

Karena itu, dia berinisiatif membuat sendiri produk baru di antaranya adalah aneka kacang, pie susu, bakpia, pia kukus, dan beberapa varian menu baru lainnya.

Sejak melakukan inovasi, Ajik merasakan adanya pertumbuhan penjualan yang meningkat drastis di toko sentra oleh-oleh miliknya itu.

Baca juga: Kisah Sukses Tahu Jeletot Taisi, dari Teras Rumah hingga Punya 600 Mitra di Pulau Jawa

Melebarkan Sayap Jangkauan Krisna Bali

Menyadari bisnisnya mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, Ajik dengan mantap menambah tokonya di lahan yang berbeda.

“Karena toko kami selalu ramai bisa sampai ribuan orang yang datang berbelanja, akhirnya kami buka toko cabang,” ujar Ajik.

Ajik menyebutkan, hingga kini oleh-oleh Krisna sudah punya 34 toko.

“Jumlah outlet Krisna sampai tahun 2023 ini ada 34. Dalam waktu dekat, kami akan buka lagi, kurang lebih ada delapan mulai tahun 2024,” sambung Ajik.

Dikatakan Ajik, toko tersebut akan hadir di beberapa lokasi, seperti Yogyakarta, Ubud, dan Jakarta Utara.

Baca juga: Cerita Jauhar Asmara Merintis DJACKs Fried Chicken, Jual Mobil untuk Modal

“Penjualan kami masih terdorong kuat dari cara konvensional atau offline. Khususnya, orang lokal kalau ke Bali nggak beli oleh-olehnya secara langsung di toko kan kurang afdol rasanya,” pungkas Ajik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com