Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop UKM Sebut Pameran Cerita Nusantara Bisa Jadi Kesempatan UMKM Manfaatkan RPB

Kompas.com - 24/11/2023, 15:05 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekayaan Indonesia yang sudah dikenal melalui karya wastra dan kriya sudah banyak diakui dunia.

Untuk memperluas jaringan pasar dan juga menggali pertumbuhan potensi wastra dan kriya karya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop-UKM) akan menggelar “Cerita Nusantara: Unveiling the Story of Indonesia Artistry” pada Selasa, 28 November 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Kegiatan ini merupakan sebuah ajang untuk mempertunjukkan perkembangan-perkembangan karya wastra dan kriya dari para pelaku industri kreatif ini, sebagai sebuah ekosistem lokal.

Baca juga: Kemenkop UKM Akan Gelar Cerita Nusantara 2023

Momentum ini juga disebut Menteri Koperasi dan UKM (MenKop-UKM) Teten Masduki, sebagai sebuah kesempatan bagi UMKM untuk memanfaatkan Rumah Produksi Bersama (RPB). Tujuannya adalah mendukung para UMKM wastra dan kriya melalui pendanaan KUR Klaster.

“Klaster yang dimaksud bisa dari produknya yang dihasilkan ataupun juga klaster dari wilayah,” sebut Teten dalam keterangan persnya, Kamis (23/11/2023).

Sebagai contoh, salah satu RPB yang telah diinisasikan oleh KemenKop-UKM adalah RPB Kulit Garut yang selama ini pelaku hilir produk kulit sudah bertumbuh, tetapi masih membutuhkan peningkatan kualitas.

“Perolehan bahan baku, produksi, dan promosi akan dilakukan secara kolektif, sehingga kelak produk UMKM bisa lebih efisien, lebih berkualitas, dan terus ada pengembangan produk,” lanjut Teten.

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Kemenkop UKM Gelar Program Pendampingan Mikro Mandiri

Hal tersebut juga dikatakannya akan dikelola oleh koperasi milik para pelaku UMKM.

Industri ekonomi kreatif nusantara ini sangat kaya akan potensi industri kreatif, meski saat ini belum dimunculkan secara besar dalam pameran Cerita Nusantara.

Kendati demikian, Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah berharap, ke depannya akan dilaksanakan kembali kegiatan serupa Cerita Nusantara, yang menunjukkan industri kreatif di sektor lainnya.

“Untuk saat ini, karena masih menyambung pada Cerita Wastra (2021) dan Cerita Kriya (2022), sehingga saat ini keduanya yang akan menjadi lead, meski di dalamnya akan ada banyak sektor potensial lainnya,” pungkas Siti.

Baca juga: Upaya Smesco dan Kemenkop UKM Tumbuhkan Wirausaha lewat Indonesia Digital MeetUp 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com