Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teten Masduki Optimistis Sektor Kriya dan Wastra Indonesia Bisa Bersaing di Dunia

Kompas.com - 28/11/2023, 20:33 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Cerita Nusantara disebut upaya untuk membangun ekosistem usaha kriya dan wastra serta wirausaha berbasis teknologi, start up di Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dengan dukungan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM).

Cerita Nusantara 2023 merupakan program lanjutan Kemenkop UKM yaitu Cerita Wastra 2021 dan Cerita Kriya pada tahun 2022.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, melalui gelaran Cerita Nusantara 2023, dirinya ingin menunjukkan bahwa sektor kriya dan wastra memiliki pondasi yang sangat kuat. Karenanya Teten optimistis sektor kriya dan wastra bisa bersaing dengan siapapun di kancah dunia.

Baca juga: Produk Model Bisnis Agregasi Dorong Sektor Wastra dan Kriya

“Selain itu, melalui gelaran ini, ingin menunjukan bahwa Indonesia sudah memiliki ekosistem yang sangat lengkap dan luar biasa,” lanjut Teten seperti yang disampaikan saat gelaran Cerita Nusantara 2023 di JCC, Jakarta Pusat pada Selasa (28/11/2023).

Teten mengatakan, salah satu ekspor terbesar di Indonesia non-migas, yaitu di sektor kriya dan wastra.

Sebagai contoh yang diberikan Teten, yaitu salah satu ekosistem yang ada di Cerita Nusantara 2023, PT Out of Asia (OOA) yang mampu mengirim sebanyak 40 kontainer setiap bulannya ke berbagai negara dan sudah memiliki 43 buyer dari luar negeri.

Baca juga: Lazada: Penjual Lokal Harus Manfaatkan Momentum Harbolnas 12.12

Selain itu, ada Jakarta Clothing Expo (Jakcloth) yang merupakan bazar fashion kasual yang mengadakan bazar sebanyak 30 kali dalam setahun, belum lagi Brightspot.

Oleh karena itu, Teten melihat adanya ekosistem yang begitu lengkap sehingga dirinya ingin mengagregasi dan mensinergikan kedua sektor ini agar dapat menjadi kekuatan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Kalau di lihat dari sini kita bangga sebagai orang Indonesia karena memiliki pondasi yang sangat kuat mulai dari adanya para pelaku UMKM kriya dan wastra, agregator, dan Event organizer yang menunjang di industri kriya dan wastra,” tutur Teten.

Baca juga: Menkop UKM Sebut Pameran Cerita Nusantara Bisa Jadi Kesempatan UMKM Manfaatkan RPB

Suksesnya gelaran Cerita Nusantara 2023 membuat Teten ingin mengembangkan ekosistem di sektor lain, yaitu sektor aquaculture dan agriculture.

“Indonesia juga memiliki kekuatan ekonomi pada sektor aquaculture dan agriculture-nya. Oleh karena itu, kita juga ingin membenahi ekosistem kedua sektor ini,” ujar Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com