Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Dilakukan agar Produk Baru Laku di Pasaran

Kompas.com - 15/01/2024, 20:27 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber BDC

KOMPAS.com - Memiliki ide yang menarik memang sangat penting dalam membangun sebuah usaha. Namun, yang tak kalah penting adalah memahami apakah calon pelanggan akan bersedia membeli produk Anda.

Hal itulah yang akan sangat memengaruhi keberlangsungan bisnis Anda. Pasalnya, kurangnya perencanaan dan riset saat meluncurkan produk atau jasa menjadi salah satu penyebab gagalnya bisnis.

Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk melakukan riset pasar terlebih dulu.

Baca juga: Strategi Mencari Product Winning agar Barang-barang yang Dijual Laku Keras di Pasaran

Berikut ini empat hal yang harus dilakukan, agar produk baru laku di pasaran:

1. Kenali pelanggan Anda

Salah satu tantangan pelaku usaha adalah memahami calon pelanggan. Anda perlu benar-benar mencari tahu siapa saja pelanggan Anda, hindari berasumsi.

Tuliskan semua hal tentang pelanggan yang Anda targetkan. Apa yang mereka sukai, tidak sukai, dan butuhkan? Di daerah mana mereka tinggal? Mengapa mereka akan membeli produk Anda? Berapa harga yang akan mereka bayar? Apakah mereka berbelanja online?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan membantu Anda untuk memutuskan apakah Anda berada di jalur yang benar atau perlu mengubah arah atau bahkan memulai dari awal.

Salah satu cara untuk menentukan apakah penawaran Anda selaras dengan apa yang dicari pelanggan, adalah dengan melakukan survei informal atau membentuk kelompok fokus yang terdiri dari pelanggan potensial.

2. Tampil berbeda

Kunci untuk mengubah ide Anda menjadi kisah sukses adalah dengan tampil beda.

Untuk membedakan diri Anda dari pesaing, Anda perlu mengetahui siapa pesaing Anda. Apa strategi mereka untuk menarik pelanggan? Bagaimana mereka membedakan diri mereka dari bisnis lain? Berapa harga yang mereka tetapkan? Bagaimana kinerja mereka akhir-akhir ini?

Lakukan analisis SWOT pada produk Anda, dengan membuat daftar Kekuatan (S), Kelemahan (W), Peluang (O), dan Ancaman (T).

Setelah itu, buat strategi untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang mungkin muncul.

Baca juga: Tak Hanya Enak, Ini Kunci agar Bisnis Kuliner Laku Keras

3. Nilai jangka panjang

Tentukan apakah ada nilai jangka panjang dalam produk Anda, yang akan membuat pelanggan Anda kembali lagi.

Penting bagi pelaku usaha memanfaatkan produk atau layanan Anda untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

4. Dapatkan umpan balik

Setelah Anda berhasil meluncurkan produk Anda, jangan langsung berpuas diri. Tetap aktif mencari tahu, bagaimana penilaian pelanggan terhadap produk Anda.

Tanyakan kepada orang-orang apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Pendapat mereka bisa menjadi masukan bagi Anda untuk menyempurnakan produk atau malah mendapat ide baru untuk melahirkan produk baru.

Baca juga: Ide Bisnis Bagi Pelaku UMKM yang Laku Setiap Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com