Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Unik Sondang Membranding Usaha Mejikuhibiniu Butik

Kompas.com - 20/04/2024, 15:19 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mejikuhibiniu Butik merupakan bisnis fesyen yang memadukan kain-kain tradisional seperti Ulos, Songket, Lurik, dan Tenun, yang kemudian dibuat ke dalam bentuk baju, sepatu, tas, dan masih banyak lagi.

Pemiliknya bernama Sondang Maria Pasaribu (52) memiliki ketertarikan besar kepada wastra Indonesia, makai ia ciptakan Mejikuhibiniu Butik itu. Sondang sukses memadukan kain-kain itu dengan konsep yang trendy dan keikinian.

Baca juga: Ingin Kenalkan Kain Tradisional Indonesia, Sondang Merintis Mejikuhibiniu Butik

Namun, dibalik kesuksesannya itu ia butuh cara untuk membranding Mejikuhibiniu Butik. Dimana produk yang dipadukan dengan kain tradisional membutuhkan effort yang ekstra dalam membranding-nya, apalagi untuk kalangan anak muda.

Berikut cara unik Sondang dalam membranding Mejikuhibiniu Butik;

1. Memadukan Kain Tradisional dengan Sentuhan Modern

Untuk memperkenalkan produknya yang khas, Sondang perlu memadukan kain itu dengan fesyen yang modern dan trendy. Sondang memadukan kain itu dengan sepatu, hoodie, topi, dan lain sebagainya yang bisa digunakan oleh kalangan muda.

Itulah cara uniknya membranding Mejikuhibiniu Butik, yaitu dengan citra bahwa kain-kain tradisional juga bisa dipakai setiap hari, bukan hanya saat acara-acara adat. Kain tradisional juga bisa dibuat menjadi suatu yang terkesan modern dan elegan.

2. Endorse Selebgram

Salah satu caranya membranding Mejikuhibiniu Butik adalah dengan menggandeng selebgram yang memiliki banyak pengikut di Instagram.

Dengan banyak pengikut yang dimiliki oleh selebgram itu, akan membuat produk Mejikuhibiniu Butik ini semakin dikenal oleh banyak orang.

Walaupun tak murah untuk mengendorse selebgram, tetapi Anda harus tahu bahwa endorsement adalah strategi yang cepat untuk membranding produk Anda.

3. Promosi Lewat Media Sosial dan Pameran.

Sondang aktif dalam mempromosikannya lewat media sosial dan pameran. Media sosial yang ia gunakan adalah Whatsapp, Instagram, dan Facebook.

Baca juga: 7 Cara Membangun Strategi Creative Branding

Tak hanya sekedar mempunyai akunnya, Sondang aktif dan rajin upload konten mengenai produknya di sana setiap hari. Media sosial dinilai efektif oleh Sondang dalam menciptakan dan meningkatkan engagement.

Selain itu, aplikasi itu juga merupakan sarang kalangan anak muda. Jadi akan mudah bagi Sondang untuk menjangkau mereka.

Sondang juga rajin mengikuti pameran di berbagai daerah. Pameran sangat efektiif untuk meningkatkan visibilitas produknya dilihat oleh banyak buyer secara langsung. Ini juga akan meningkatkan brand awareness produknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com