Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Ekspor Bisnis Rempah

Kompas.com - 06/01/2024, 08:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Peluang bisnis ekspor saat ini terbilang cukup banyak dan juga sangat terbuka lebar bagi para pemula. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang eksportir rempah-rempah. Alasannya karena di Indonesia bisnis rempah termasuk salah satu yang cukup menguntungkan.

Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia merupakan negara tropis penghasil rempah terbaik dan terbanyak di kawasan Asia. Negara yang jadi target market bisnis ekspor rempah-rempah dari Indonesia mulai dari Amerika, Belanda, Jerman, China, Vietnam, Arab Saudi, Jepang, Singapura, Malaysia hingga Australia dan Afrika.

Jika Anda tertarik memulai bisnis khususnya ekspor rempah-rempah ke mancanegara, pastikan siapkan strategi terbaik. Karena ada banyak hal yang perlu diperhatikan, terutama jenis rempah-rempah yang cocok untuk dijadikan komoditi ekspor. Bukan hanya modal dana tapi juga strategi yang tepat, agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan mulus.

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa strategi menjalankan bisnis ekspor dengan cerdas, antara lain:

1. Menentukan Jenis Rempah Terbaik Siap Ekspor

Hal paling penting untuk diperhatikan dalam memulai bisnis ini adalah menentukan jenis rempah apa yang akan dipasarkan. Apalagi rempah-rempah punya banyak sekali jenisnya, seperti kapulaga, andaliman, jahe, kunyit, kayu manis dan banyak lagi.

Untuk mendapatkan produk rempah terbaik memang bukan hal yang mudah. Anda harus benar-benar jeli dan teliti dalam memilih produk rempah yang akan diekspor. Karena kualitas produk rempah bisa mempengaruhi nilai jualnya.

2. Kerjasama dengan Pemasok untuk Mendapatkan Rempah Siap Ekspor

Ada beberapa cara untuk untuk mendapatkan produk rempah dengan kualitas berstandar ekspor. Pertama dengan hunting langsung ke petani atau tengkulak rempah yang ada di desa atau pelosok. Hal ini akan membantu Anda menemukan sumber rempah terbaik sesuai kriteria.

Hanya saja langkah ini akan sangat merepotkan jika tempat tinggal Anda jauh dari desa penghasil rempah tersebut. Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan stok produk rempah siap ekspor adalah bekerjasama dengan supplier.

Nantinya para supplier yang akan menyiapkan stok rempah yang Anda inginkan sesuai kebutuhan ekspor. Namun sebelum itu pastikan supplier rekanan Anda punya reputasi yang baik dan terpercaya.

Baca juga: Banyak Peminat Jualan Melesat, Yuk Coba Bisnis Franchise Kuliner Meksiko

3. Lanjutkan dengan Strategi Pemasaran Produk

Sama seperti bisnis yang lain, bisnis ekspor rempah-rempah pun juga harus didukung dengan strategi pemasaran produk yang baik. Sebab tanpa pemasaran produk yang tepat, akan sangat sulit menjangkau calon konsumen yang telah ditargetkan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran produk rempah ekspor. Bisa dengan dijual secara langsung atau offline dan juga dijual secara online melalui website maupun media sosial.

Di era digital, Anda punya banyak kesempatan untuk memanfaatkan teknologi agar memudahkan jual beli. Salah satunya dengan mengembangkan website bisnis yang user friendly dan mudah diakses siapa saja. Lengkapi website dengan berbagai informasi penting dan menarik terkait bisnis ekspor rempah dan produk-produk yang dipasarkan.

Selain itu, Anda pun juga dapat bekerjasama dengan pemerintah untuk memasarkan produk rempah siap ekspor tersebut. Misalnya dengan bergabung dengan komoditas ekspor, hingga jalin kerja sama menggunakan dengan para eksportir lainnya.

4. Perhatikan Proses Pengiriman Produk Rempah

Tak jauh berbeda dengan proses pengiriman barang di dalam negeri, pengiriman ke mancanegara juga memiliki standar dan persyaratan tersendiri. Baik syarat dalam bentuk berkas dokumen packing list, bukti pengiriman dari shipping company, hingga sertifikat uji lab maupun sertifikat halal.

Pasalnya, produk rempah termasuk komoditas bahan pangan dan kualitasnya harus benar-benar sesuai standar negara tujuan. Persyaratan pengiriman produk ekspor tersebut harus diperhatikan dengan serius dan pastikan jangan sampai ada yang terlupa.

Pasalnya, dokumen dan sertifikat pendukung yang tidak lengkap bisa sangat merugikan bisnis. Oleh karena itu, siapkan dokumen pendukung sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas produk rempah yang akan diekspor sebelum dikirimkan. Pastikan produk rempah-rempah tersebut sudah memenuhi spesifikasi dari negara tujuan.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com