Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Dorong Pemprov DKI Jakarta Bekali Pelaku UMKM dengan Pengetahuan Perdagangan Elektronik

Kompas.com - 07/01/2024, 21:00 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Salah satu cara memperluas jangkauan pasar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah dengan memanfaatkan e-commerce dalam penjualan produk.

Berkaitan dengan hal tersebut, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wawan Suhawan mengharapkan Pemerintah Provinsi DKI meningkatkan pengenalan aplikasi perdagangan elektronik (e-commerce) bagi pelaku UMKM.

Menurutnya, kerja sama dengan e-commerce sangat penting untuk meningkatkan jaringan, meningkatkan pasar, bahkan meningkatkan ilmu.

Baca juga: Dinsos DKI Jakarta Fasilitasi 1.157 UMKM Jakpreneur Ikut Program Pembinaan Tahun 2023

“Penting bagi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) menggandeng sejumlah e-commerce untuk memperkenalkan wadah berdagang, sehingga mampu bersaing di era digital saat ini,” ujar Wawan seeprti dikutip dari Antara, Minggu (7/1/2024).

Oleh karena itu, ia meminta Dinas PPKUKM tidak hanya memberi pelatihan pengembangan keterampilan membuat barang atau makanan, tapi juga membekali para pelaku usaha yang tergabung dalam Jakpreneur dengan pelatihan teknik digitalisasi pemasaran, dengan harapan dapat menjaring konsumen lebih luas.

“Apalagi sekarang sudah ada media sosial yang sangat canggih. Tinggal bagaimana keseriusan para pelaku UMKM,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Suhud Alynudin mengingatkan peningkatan skala usaha (scalling up) juga tidak kalah penting.

“Saya sudah usulkan di rapat, itu perlu adanya dashboard UMKM, sehingga kita tahu level kemampuan masing-masing pelaku UMKM ini, baru belajar atau sudah punya pengalaman," tutur Suhud.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meningkatkan peran industri lokal dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungannya, sebagai upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Peran industri sangat penting, apalagi kalau Jakarta ingin menjadi kota global. Jadi perlu kita dukung untuk dilibatkan dalam pengadaan barang dan jasa," kata Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo.

Salah satu upaya untuk mendukung industri, Pemprov DKI Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan temu bisnis (business matching) pada ajang Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri P3DN kelompok X, pada 4-7 Desember 2023 di Lantai Dasar Blok G Balai Kota DKI Jakarta.

Ratu menyebutkan, kegiatan ini mempertemukan kebutuhan pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan para produsen Produk Dalam Negeri (PDN) untuk mendorong penyerapan produk-produk lokal dan mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Baca juga: LPEI Dorong UMKM Indonesia Masuk ke Dalam Rantai Pasok Global

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com