Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Nambah Cuan, 5 Ide Usaha Sampingan untuk PNS

Kompas.com - 09/01/2024, 20:30 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

KOMPAS.com - Kebutuhan rumah tangga yang banyak membuat setiap pekerja perlu memiliki usaha sampingan. Tak terkecuali, Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Banyak di antara para PNS saat ini punya usaha sampingan. Tentu usaha sampingan yang tak mengganggu pekerjaan utama dan hanya perlu modal kecil.

Lalu bisnis apa saja yang bisa dijadikan usaha sampingan para PNS? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari ukmindonesia.id.

1. Jasa Desain Grafis

Jasa desan grafis bisa jadi pilihan usaha sampingan bagi para PNS. Apalagi jika memiliki terampilan dalam bidang desain grafis. Desain grafis saat ini punya potensi yang besar lantaran adanya kebutuhan promosi dan lainnya.

Agar dapat menarik pelanggan dan  usaha menjadi lebih maksimal, buatlah portofolio yang berisikan contoh-contoh desain yang bisa atau pernah dibuat.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Memulai Jasa Desain Grafis Bagi Pelaku UMKM

Selain itu, manfaatkan platform seperti Linkedin dan sosial media lainnya untuk mempromosikan jasa desain grafis, serta bisa juga membangun kerjasama, misalnya dengan industri atau usaha terkait seperti pihak percetakan, pemasaran digital atau pihak pengembang website.

2. Jasa Fotografi dan Videografi

Prewedding di Buana Life, restoran di Pangalengan, Bandung yang mengusung konsep rumah adat Papua. 
Dok. Instagram @buanalife Prewedding di Buana Life, restoran di Pangalengan, Bandung yang mengusung konsep rumah adat Papua.

Jasa fotografi dan videografi cukup menjanjikan saat ini. Di era yang serba digital, banyak orang yang membutuhkan konten foto maupun video untuk berbagai keperluan.

Kamu bisa menawarkan jasa untuk foto produk, video promosi, wedding, ulang tahun, atau kegiatan lainnya.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan, dari Sewa Pakaian hingga Fotografer

Untuk memaksimalkan usaha, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi dan menjalin kolaborasi dengan pihak terkait, misalnya wedding organizer.

3. Jual Stok Foto Online

Jualan foto secara online juga bisa dicoba untuk usaha sampingan. Modal yang dibutuhkan tak besar. Kamu bisa menggunakan handphone untuk menghasilkan kualitas yang baik.

Hasil fotonya nanti bisa dijual di beberapa platform seperti Shutterstock, iStock Photo, Getty Images, Pixabay, Adobe Stock, dan sebagainya.

Baca juga: Kisah Sukses Ani, dari Penjual Singkong Thailand jadi Fotografer Produk UMKM

 

Untuk royaltinya, setiap platform memiliki kebijakan masing-masing. 

4. Konten Kreator

Konten kreator Hada KusumonegoroDok. Istimewa Konten kreator Hada Kusumonegoro

Menjadi konten kreator adalah salah satu usaha sampingan yang banyak dilakukan orang-orang. Saat ini, pertumbuhan pengguna sosial media saat ini yang sangat besar dan memberikan peluang yang juga besar.

Baca juga: Gunakan Media Sosial yang Tren Di Negara Tujuan, Tips Rizal Menembus Pasar Global

Kamu bisa memilih jenis konten spesifik seperti konten game, tulisan, daily vlog, konten podcast, live streamer (konten siaran langsung), dan sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform YouTube Tiktok, Instagram, dan sebagainya.

5. Jastip

Sebagai seorang PNS, ada kemungkinan untuk berdinas ke luar kota bahkan ke luar negeri. Jika kamu sering dinas keluar kota, kamu bisa mencoba usaha sampingan yakni jasa titip alias jastip.

Baca juga: Peluangnya Menjanjikan, Begini Untung Rugi Bisnis Jastip

Meskipun kita harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli barang yang diminta, tetapi prospek usaha ini terbilang cukup bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com