Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong UMKM Tingkatkan Pemasaran Produk, Dekranasda Sumut Gelar Pelatihan Digitalisasi Promosi

Kompas.com - 09/01/2024, 22:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara Dessy Hassanudin, menilai pemasaran yang dilakukan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumut masih lemah, sehingga diperlukan pelatihan digitalisasi promosi.

"Banyak masukan yang kita dapat hari ini. Harus ada peningkatan, bukan hanya dari produksi, tapi juga dari sektor pemasarannya. Kalau saya lihat-lihat, kita kurangnya di pemasaran," kata Dessy usai memimpin Rapat Program Kerja Dekranasda Sumut Tahun 2024, di Medan, seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/1/2024)

Dessy berharap, para pelaku UMKM di Sumut tidak hanya berfokus pada pameran untuk memperkenalkan produk-produk UMKM.

Baca juga: Dukung Pengembangan UMKM, Bank Aceh Syariah Siapkan KUR Rp 1,5 Triliun

"Jangan hanya berpatokan di pameran. Sementara pameran hanya sesekali dan hanya membuka pintu untuk pengenalan," ujarnya.

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM di Sumut, Dekranasda Provinsi Sumatera Utara menggelar pelatihan digitalisasi promosi untuk para pelaku UMKM dan juga memastikan kualitas serta kuantitas produk UMKM agar dapat bersaing dengan produk impor.

"Jadi yang perlu diperhatikan juga adalah mutunya. Terkadang kemasannya sudah baik, namun kualitasnya kurang diperhatikan. Itulah yang membuat konsumen enggan untuk berbelanja. Selanjutnya produktivitas harus berkelanjutan. Jangan nanti sudah ada pembelinya, namun produktivitasnya tidak kontinyu," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Naslindo Sirait menyebutkan, pihaknya juga berupaya mendorong produk UKM Sumut agar mampu berdaya saing, baik dari sisi harga dan kualitas

Ia menjelaskan, pelaku UMKM di Sumut akan diberikan pelatihan manajemen usaha, branding, pemasaran, dan promosi, hingga pendaftaran merek.

"Tahun 2024, kita berupaya UKM Sumut dalam memasarkan produknya tidak lagi dengan konvensional, tapi sudah dengan digital. Kami juga sudah berkoordinasi dengan hotel, sejumlah ritel di Sumut, supaya produk UKM juga bisa dipasarkan di pasar modern," kata Naslindo.

Baca juga: Berkomitmen Kembangkan Produk UMKM, PT Pos Gandeng Dekranasda Palu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com