Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kunci Membangun Bisnis yang Sukses dan Berkelanjutan

Kompas.com - 11/01/2024, 20:54 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kunci kesuksesan binis adalah pertumbuhan. Namun, tentu ini bukan hal yang mudah. Dibutuhkan strategi untuk terus bertahan, berkembang, dan berkelanjutan.

Melansir laman bizlibrary.com, ada tiga tantangan yang umumnya dihadapi untuk mengembangkan bisnis, yakni perekrutan yang kompetitif, mempertahankan talenta terbaik, dan meningkatkan ekspektasi pelanggan.

Memiliki program pelatihan dan pengembangan yang kuat adalah kunci untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, yang mana akan berdampak langsung pada kesuksesan bisnis Anda.

Baca juga: Bagaimana Membuat Usaha Berkembang dan Naik Kelas? Owner Havilla Tea Bagikan 3 Tips

Menurut Arie de Geus dalam The Living Company, saat membuat rencana untuk perkembangan bisnis Anda, ada 3 faktor utama yang harus diperhatikan, yakni visi yang hebat, manajemen keuangan yang hebat, dan orang-orang yang hebat.

1. Visi yang kuat

Menciptakan visi membantu menentukan ke mana arah bisnis bergerak, dan ke mana tujuan bisnis Anda di masa depan.

Tanpa adanya gagasan yang jelas ke mana bisnis Anda akan bertumbuh dan peta jalan untuk mencapai visi tersebut, maka adanya perubahan pada pasar dapat dengan mudah mengganggu dan bahkan membuat bisnis gagal berkembang.

Berikut ini lima langkah perencanaan bisnis yang sukses untuk menjalankan visi bisnis Anda:

- Menetapkan tujuan

Tentukan dengan jelas tujuan usaha Anda. Menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang selaras dengan visi Anda, akan memberikan kerangka kerja yang nyata untuk perkembangan bisnis.

- Melakukan riset pasar

Pengambilan keputusan yang tepat bergantung pada pemahaman yang mendalam tentang pasar.

Lakukan riset pasar secara menyeluruh untuk mengidentifikasi tren, preferensi pelanggan, dan tantangan potensial, untuk memastikan visi Anda selaras dengan realitas pasar.

Baca juga: Lakukan Brand Refresh Agar Bisnis Tetap Berkembang

- Buatlah KPI (Key Performance Indicator)

Buat KPI terukur yang selaras dengan tujuan bisnis Anda. Indikator-indikator ini akan berfungsi sebagai tolak ukur, yang memungkinkan Anda melihat langsung kemajuan dan melakukan penyesuaian berdasarkan data, agar tetap berada di jalur yang benar.

- Sampaikan visi dan rencana bisnis Anda

Bagikan visi dan rencana strategis Anda dengan para pemangku kepentingan dan tim manajemen.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan umpan balik dan menyiapkan strategi-strategi untuk mengatasi kekhawatiran.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda tidak hanya menciptakan jalur yang jelas untuk pertumbuhan bisnis, tetapi juga membangun kerangka kerja yang Tangguh, yang dapat beradaptasi dengan dinamika pasar dan pengaruh eksternal.

2. Manajemen keuangan yang cerdas

Kesalahan yang sering terjadi adalah menyamakan manajemen keuangan yang baik dengan keuntungan Perusahaan. Padahal sebenarnya, pertumbuhan bisnis lebih dari sekadar keuntungan yang didapat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com