Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Manfaat Brand Ambassador dalam Bisnis Produk

Kompas.com - 20/01/2024, 12:17 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Strategi pemasaran saat ini perlu sosok yang mampu merepresentasikan brand tersebut. Dengan harapan sosok tersebut bisa memberikan dampak yang positif terhadap brand hingga mampu meningkatkan penjualan. Sosok ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan brand ambassador.

Berbeda dengan bintang iklan, brand ambassador memiliki peran yang lebih kompleks dalam promosi sebuah bisnis. Biasanya brand ambassador juga memiliki jangka waktu kerjasama yang lebih panjang dan sosok yang dipilih juga tidak sembarangan. Sosok tersebut biasanya berasal dari kalangan yang punya pengaruh di tengah masyarakat.

Brand Ambassador (BA) merupakan seseorang yang ditunjuk oleh suatu brand atau perusahaan untuk mempromosikan produknya kepada khalayak umum. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang umum digunakan karena memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari Cermati.com, simak beberapa manfaat penting dari keberadaan brand ambassador dalam sebuah bisnis diantaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat pertama dari keberadaan brand ambassador di sebuah bisnis adalah membantu meningkatkan brand Awareness atau kesadaran merek. Ini merupakan tingkat pemahaman atau pengetahuan yang audiens miliki tentang suatu brand tertentu.

Semakin banyak audiens yang mengenal sebuah produk, ini artinya kesadaran merek dari produk tersebut terbilang tinggi. Dalam hal ini, brand ambassador memiliki peran untuk meningkatkan kesadaran merek tertentu dalam benak audiens.

Sosok yang dipilih sebagai BA biasanya memiliki pengaruh yang cukup besar di masyarakat. Misalnya saja seperti selebritis, maupun tokoh-tokoh publik yang memiliki image yang baik atau sesuai target market dari brand.

2. Mendorong Tingkat Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand atau Produk

Manfaat yang selanjutnya dari kehadiran brand ambassador dalam bisnis adalah membantu meningkatkan customer trust (kepercayaan pelanggan). Mereka memiliki kemampuan yang handal untuk membangun tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu brand atau produk tertentu.

BA tersebut bisa memberikan testimoni positif atau rekomendasi tentang brand atau merek tertentu. Dengan begitu akan membantu calon pelanggan untuk bisa lebih yakin dan mempercayai merek tersebut. Hal ini akan lebih meyakinkan lagi ketika BA tersebut juga menjadi pengguna setia dari brand yang dipromosikan.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Keterlibatan sosok brand ambassador di sebuah bisnis juga sangat penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Ini karena kebanyakan calon konsumen cenderung lebih memilih produk atau brand yang direkomendasikan BA yang mereka percaya atau sukai. Untuk penting untuk memilih sosok BA yang memiliki reputasi baik dan terpercaya.

4. Mendongkrak Penjualan

Tujuan utama dari bisnis salah satunya adalah memperoleh keuntungan dari penjualan. Adanya brand ambassador turut mendongkrak tingkat penjualan dalam bisnis.

Pasalnya ada banyak audiens yang mulai mengenal brand dan tertarik menggunakannya karena percaya dengan BA dari merek tersebut.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran agar Bisnis Kesehatan Berkembang Pesat

5. Membangun Citra Merek

Memilih sosok brand ambassador dengan tepat wajib dilakukan sebuah perusahaan atau brand yang ingin berkembang. Pasalnya, hal ini bisa sangat membantu dalam membangun citra yang positif di mata audiens.

Pastikan untuk memilih BA yang memiliki reputasi yang baik dan sejalan dengan visi misi brand atau perusahaan. Ini lantaran, sosok brand ambassador merupakan gambaran yang merepresentasikan merek yang mereka wakili.

6. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Keberadaan brand ambassador juga memberikan manfaat penting bagi bisnis, terutama dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini karena sosok BA bisa membuat target konsumen bisa lebih mengenal dan sadar dengan keberadaan produk yang ditawarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com