Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Berbagai Macam Jenis Dimsum untuk Produk Usaha

Kompas.com - 20/02/2024, 19:12 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber koinworks

JAKARTA, KOMPAS.com - Dimsum merupakan salah satu makanan yang berasal dari Tiongkok dan saat ini digemari oleh masyarakat di Indonesia. Di berbagai tempat, mudah dijumpai penjual yang menjual dimsum dengan beraneka macam rasa.

Dimsum yang dijual di Indonesia umumnya disajikan dengan topping jamur, keju, atau wortel.

Untuk Anda yang tertarik menjadikan dimsum sebagai produk usaha, ternyata dimsum tidak selalu harus disertai topping jamur, keju, atau wortel. Masih ada beberapa macam jenis dimsum yang lain.

Dilansir dari koinworks.com, berikut berbagai macam jenis dimsum untuk referensi produk usaha.

1. Dimsum Kukus

Dimsum yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah dimsum kukus. Dimsum kukus memiliki beberapa jenis, yaitu hakau, shiu may atau siomay, dan fong djau atau kaki ayam kukus.

Siomay biasanya terbuat dari daging babi. Akan tetapi, untuk menyesuaikan dengan karakteristik masyarakat di Indonesia, isian siomay dan dimsum kukus lain terbuat dari daging ayam atau udang.

Baca juga: 5 Tips Membangun Usaha Dimsum ala Owner Unie Dimsum

2. Bakpao

Masyarakat Indonesia umumnya mengenal bakpao sebagai makanan yang berbeda dengan dimsum. Namun, sebenarnya bakpao juga merupakan dimsum. Bakpao bertekstur lembut seperti roti. Bakpao memiliki berbagai macam isian daging.

Di Indonesia, bakpao telah dimodifikasi dengan isian coklat, kacang hijau, dan selai.

3. Dimsum Goreng dan Panggang

Selanjutnya, jenis dimsum yang populer adalah dimsum goreng dan panggang. Di Indonesia, dimsum goreng dan panggang biasanya terdiri dari berbagai jenis seperti udang rambutan, udang keju, dan siomay panggang. Namun, ada juga dimsum autentik seperti Lu Bo Gao (kue lobak yang digoreng), Cheun Goon (lumpia isi sayur), dan Char Siu Sau (puff pastry isi daging babi).

4. Cheong Fun

Cheong Fun terbuat dari tepung beras dan terdiri dari berbagai macam isian. Teksturnya seperti kwetiau serta memiliki rasa asin dan gurih. Dimsum jenis ini tidak begitu populer, tetapi dapat ditemukan di restoran chinese.

Baca juga: 8 Tips Penting Manfaatkan Instagram untuk Promosi Usaha

5. Dimsum Manis

Selain memiliki cita rasa gurih, rupanya dimsum juga memiliki varian manis. Dimsum manis biasanya digunakan sebagai dessert atau makanan penutup. Salah satu contohnya yaitu mango pudding dan Mai Lai Go Chinese atau steamed cake. Mai Lai Go banyak ditemukan di daerah Cina Selatan dan Hongkong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com