6 Cara Bisnis Cepat Naik Daun, Salah Satunya dengan Ilmu Ikhlas

Kompas.com - 25/06/2022, 18:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan bisnis dan akhirnya berbuah sukses menjadi tujuan banyak pengusaha. Namun untuk sampai ke titik tersebut tidaklah mudah.

Kamu harus melaluinya dengan kerja keras, dan bahkan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin saja bisa membuatmu kewalahan atau justru menyerah di tengah jalan.

Bisnis yang sukses tidak ada yang instan. Butuh waktu untuk mencapai kesuksesan. Tetapi, tidak ada yang mustahil. Biasakan untuk menikmati semua proses perjalanan bisnis dengan cara yang menyenangkan.

Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman dan selalu siap untuk menyelesaikan setiap masalah yang datang. Selain itu, belajar setiap saat dalam membangun bisnis tersebut, agar bisa menjadi pengusaha berjaya.

Ingin bisnis kamu cepat naik daun, berikut tips yang bisa dipraktikkan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pelayanan terbaik

Dalam bisnis apapun, baik itu jualan produk maupun jasa, pelayanan menjadi kunci utama membangun loyalitas pelanggan. Berikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, seperti senyum, sapa, bersikap ramah, mendengar dan menjawab keluhan pelanggan, dapat memberi solusi atas masalah pelanggan, dan lainnya.

Percuma jika produk atau jasa yang kamu jual berkualitas, tetapi tidak diimbangi dengan pelayanan yang terbaik. Pelanggan merasa tidak dihargai dan tetap akan lari membeli produk atau menggunakan jasa orang lain yang mampu membuat mereka spesial dengan pelayanan prima.

2. Inovasi tiada henti

Pengembangan atau inovasi bisnis wajib dilakukan pengusaha agar perusahaan mampu bertahan. Sebab, setiap zaman akan mengalami perubahan, seperti sekarang ini di era digital. Bila tidak mengikuti perkembangan zaman beralih mengadopsi teknologi, bisnis kamu bakal kalah.

Inovasi terus menerus agar bisnismu tetap memiliki daya saing. Bisa dengan cara memodifikasi model bisnis, menciptakan produk atau layanan yang lebih baik dan unggul, sehingga makin menarik dan diminati konsumen atau pelanggan.

3. Hindari FOMO

Sama seperti investasi atau trading saham, hindari FOMO (fear of missing out), takut ketinggalan momen dalam menjalankan bisnis. Sikap ikut-ikutan hanya akan membuat bisnismu hancur berantakan.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.