Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Bisnis Kuliner Tetap dalam Kendali Pemilik, Intip Strategi Warung Soto Ini

Kompas.com - 19/03/2024, 22:55 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjalankan usaha warung makan yang memiliki sejumlah cabang membutuhkan strategi tertentu agar bisnis yang dijalankan tetap dalam kontrol pemilik.

Tanpa adanya kontrol, bukan mustahil usaha yang dijalankan berantakan. Kualitas makanan yang disajikan di cabang menurun, serta keuangan rawan terjadinya penyimpangan.

Sebaliknya, dengan adanya kontrol, makanan yang dijual di cabang-cabang tetap memiliki kualitas yang sama dengan cita rasa di warung pusat. Dan yang lebih penting, perputaran uang di cabang-cabang tetap dalam pengawasan owner.

Pentingnya kontrol bisnis tersebut disadari oleh manajemen warung soto & ayam goreng kampung H. Imam.

Baca juga: 7 Langkah Cerdas Mengelola Stok Bahan Baku dalam Bisnis Kuliner

Warung makan yang mengusung menu andalan soto khas Boyolali ini awalnya mulai berdiri di Pasar Minggu Jakarta Selatan, yang kini menjadi warung utama.

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini, warung soto & ayam Goreng H Imam memiliki sejumlah cabang, salah satunya di kawasan Grand Depok City (GDC), Cilodong Depok.

Menariknya, meskipun berada di cabang, cita rasa yag disajikan warung ini tidak berbeda dengan yang ada di warung pusat di Pasar Minggu.

Kuah bening yang gurih dan segar berpadu dengan irisan daging sapi ataupun daging ayam, membuat soto ini jadi pilihan bagi mereka yang melintas di kawasan GDC Depok, terutama saat berbuka puasa.

Masakan Dipasok dari Warung Utama

Perwakilan manajemen warung soto dan ayam goreng H Imam, Tarkum (30) saat ditemui Kompas.com di kawasan GDC Depok mengungkapkan bahwa pada dasarnya warung soto dan ayam goreng H Imam selalu berusaha konsisten menghadirkan cita rasa soto Boyolali yang khas.

Baca juga: Dua UMKM Kuliner asal Jawa Tengah Tembus Ekspor Pasar Eropa

Kunci dari cita rasa soto adalah kuahnya. Untuk itu, warung makan ini mendapatkan pasokan kuah dari pusatnya, yakni dari Pasar Minggu.

“Kuah dimasak di warung utama di Pasar Minggu dan diantarkan ke sini, sehingga rasa tetap sama antara yang di pusat dengan di cabang,” jelas dia saat ditemui Kompas.com, Selasa (19/3/2024).

Selain kuah, warung pusat juga memasok lauk-lauk lainnya yang menjadi pendamping seperti kerupuk, kikil, paru goreng, dan sebagainya. Sementara untuk gorengan, dimasak di warung cabang agar tetap hangat dan fresh.

“Gorengan kan harus hangat, sehingga harus dimasak di sini. Demikian pula untuk minuman, itu juga dibuat di cabang,” kata dia.

Warung soto H Imam Cabang DepokKOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Warung soto H Imam Cabang Depok

Pakai QRIS BRI untuk Pembayaran

Sejak buka sekitar 4 bulan lalu, jumlah pengunjung warung soto H Imam terus bertambah. Sebelum Ramadan, warung ini ajeg menjadi tujuan masyarakat yang menginginkan soto dengan cita rasa khas Boyolali. Saat Ramadan, pengunjung baru mulai ramai menjelang waktu buka puasa.

Tarkum mengungkapkan pada hari biasa atau di luar bulan Ramadan, terdapat 50-100 pengunjung yang datang ke warung ini setiap harinya. Dari jumlah itu, mereka bisa memesan dua mangkok soto. Sementara pengunjung lainnya ada yang memesan ayam goreng yang juga menjadi menu favorit warung ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com