Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KUMKM Ramadan Fair 2024 Fasilitasi UMKM Perluas Jaringan Pemasaran

Kompas.com - 01/04/2024, 18:54 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) mengadakan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Ramadan Fair 2024 pada Senin (1/4/2024). Acara ini bertujuan untuk memperluas jaringan pemasaran bagi para pelaku UMKM.

Kegiatan ini diadakan di halaman dan Gedung Kemenkop UKM, Kuningan, Jakarta Selatan. Tema yang diusung dalam KUMKM Ramadan Fair tahun ini yaitu "Bulan Berkah, Belanja Murah, UMKM Sumringah". 

Dalam kegiatan pembukaan KUMKM Ramadan Fair 2024, KemenKopUKM menghadirkan Deputi Bidang Usaha Mikro, Yulius dan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Yulius mengatakan, KUMKM Ramadan Fair merupakan agenda tahunan dari Kemenkop UKM.

Baca juga: Bazaar UMKM Bulanan Kementerian BUMN Catat Transaksi Rp9,8 Miliar

"Acara ini merupakan agenda tahunan dari Kementerian Koperasi dan UKM. Diharapkan acara ini bisa memperluas jaringan pemasaran bagi para pelaku UMKM," terang Yulius.

Kemudian, Teten Masduki berharap bahwa KUMKM Ramadan Fair 2024 dapat membantu para pegawai di sekitar KemenKopUKM untuk memperoleh berbagai kebutuhan pokok di bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri dengan harga yang lebih murah. 

"Di sisi lain, kegiatan ini juga nantinya bisa meningkatkan omzet para pelaku UMKM," jelasnya.

Baca juga: Pameran Info Franchise and Bussiness Concept 2023 Hadirkan 180 Merek Usaha

Selain itu, Yulius mengatakan bahwa KUMKM Ramadan Fair 2024 menghadirkan 90 pelaku UMKM yang terdiri dari bidang kuliner, fashion, kebutuhan pokok, dan kerajinan. Tidak hanya itu, akan ada banyak rangkaian acara lain seperti workshop dan berbagai perlombaan. 

"Nantinya acara ini diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 1 hingga 3 April 2024. Ada juga berbagai perlombaan yang bisa diikuti seperti kompetesi hafidz dan dai cilik," lanjutnya. 

Saat pembukaan, Kementerian Koperasi dan UKM juga memberikan santunan pada perwakilan karyawan dan karyawati Kementerian Koperasi dan UKM. Selain itu, santunan juga diberikan pada anak-anak dhuafa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com