Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menjaga Reputasi Bisnis di Platform Online

Kompas.com - 17/04/2024, 10:27 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap pelaku bisnis perlu untuk menjaga citra bisnis di hadapan masyarakat. Hal inilah yang biasa disebut sebagai reputasi bisnis

Menjaga reputasi tentu juga harus melalui langkah-langkah yang tepat, yaitu jujur dan tidak mengada-ada. Reputasi yang baik dan jujur akan mendatangkan konsumen baru dan bisnismu akan dikenal positif. 

Dalam era yang serba online, reputasi bisnis mudah tersebar melalui media sosial, review Google, atau website bisnismu.

Oleh karena itu, mari simak cara menjaga reputasi bisnis di platform online melalui artikel berikut sebagaimana disarikan dari enterpreneur.com.

Baca juga: 4 Cara Membuat Survei Pelanggan untuk Bisnis Anda

1. Menerapkan Pengisian Feedback Setelah Bertransaksi

Supaya review bisnis milikmu bersifat jujur dan tidak mengada-ada, kamu bisa meminta pelanggan untuk mengisi feedback setelah mereka bertransaksi. Kamu bisa meminta pendapat mereka terkait pengalaman selama menggunakan produk atau jasa. 

Nantinya, review dari pelanggan bisa kamu tunjukkan dalam media sosial atau website. Pastikan juga pengisian feedback dari pelanggan tidak merepotkan mereka dan tidak memakan waktu yang lama. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari agar Pelanggan Tidak Kabur

Kamu dapat menggunakan cara pengisian feedback menggunakan emoticon yang bisa sekali klik agar tidak merepotkan pelanggan. 

2. Buat Tim Khusus untuk Analisis Feedback dari Pelanggan

Hasil feedback yang sudah diisi oleh pelanggan, selanjutnya dapat diolah untuk diunggah dalam media sosial atau website sebagai publikasi. Dalam mengolah data tersebut, diperlukan tim tersendiri agar mereka bisa fokus dalam menganalisis. 

Rekrutmen tim khusus tersebut juga harus diperhatikan. Sebaiknya rekrut seseorang yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya. Perhatikan juga aspek tanggung jawab dari calon anggota tim khusus analisis tersebut. 

Baca juga: 7 Cara Mudah Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

3. Jangan Manipulasi Reputasi Bisnismu

Setelah melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan feedback dari pelanggan, jangan sekali-kali kamu melakukan manipulasi. Cepat atau lambat, orang-orang akan menyadari manipulasi yang kamu buat.

Manipulasi justru akan membuat reputasi bisnismu semakin buruk. Sebaiknya jika menemukan feedback berupa kritik dari pelanggan, kamu bisa membenahi bisnismu bersama tim. Bukan menggunakan trik manipulasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com