Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Survei Pelanggan untuk Bisnis Anda

Kompas.com - 22/03/2024, 17:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi sebuah bisnis, melakukan survei pelanggan adalah hal yang pentng. Saat ini konsumen secara rutin berkonsultasi dengan ulasan online sebelum membeli, bertanya kepada pelanggan yang pernah membeli tentang bagaimana produk suatu bisnis.

Hal ini membuat kepuasan dan pengalaman pelanggan menjadi hal yang cukup krusial bagi bisnis Anda.

Survei kepuasan pelanggan dapat membantu Anda mengidentifikasi area pertumbuhan, memanfaatkan apa yang Anda lakukan dengan baik, dan membina hubungan pelanggan yang positif.

Baca juga: Ingin Membuat Survei Pelanggan? Begini Tipsnya agar Efektif

Meminta, menganalisis, dan menerapkan umpan balik pelanggan dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengembangkan proses, produk, dan layanan baru yang nyata untuk meningkatkan bisnis Anda.

Berbagai jenis survei dapat membantu menginformasikan keputusan bisnis Anda, termasuk survei kepuasan pelanggan, survei riset pasar, dan survei kesadaran merek.

Dilansir dari Business News Daily, berikut 4 cara membuat survei pelanggan untuk bisnis Anda:

1. Identifikasi Tujuan dari Survei Pelanggan Anda

Langkah pertama Anda harus mengidentifikasi tujuan survei kepuasan pelanggan Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan bantuan survei?

Tujuan itu dapat bisa bersifat umum atau sangat spesifik. Tujuan umum dapat membantu memandu peningkatan keseluruhan dalam organisasi bisnis Anda. Survei itu juga mungkin menunjukkan beberapa kelemahan bisnis Anda sehingga Anda dapat memperbaikinya. Tujuan survei juga dapat mengukur seberapa senang pelanggan Anda dengan Pelayanannya.

Untuk tujuan spesifik dapat membantu Anda fokus pada perbaikan nyata. Misalnya, Anda ingin mengurangi pelanggan mengabaikan produk Anda yang ada di keranjang e-commerce mereka atau mungkin ingin meningkatkan lebih banyak rujukan pelanggan.

Mengidentifikasi tujuan yang ingin Anda capai dengan survei pelanggan memberikan kerangka kerja yang kuat untuk proses selanjutnya.

2. Susun Pertanyaan yang Lengkap

Dalam melakukan sebuah survei, Anda harus pastikan bahwa pertanyaan yang ingin Anda tanyakan telah ada di list pertanyaannya. Hal ini akan mendorong keakuratan survei.

Contoh pertanyaan itu dapat berupa: Pertanyaan penggunaan produk dan layanan, pertanyaan demografi, pertanyaan skala kepuasan, pertanyaan terbuka lainnya, dan pertanyaan ketahanan produk.

Baca juga: Ingin Membuat Survei Pelanggan? Begini Tipsnya agar Efektif

3. Pakai Platform yang Sesuai

Setelah melakukan persiapan mengidentifikasi tujuan dan mengembangkan pertanyaan, penting untuk menggunakan platform yang tepat untuk mengumpulkan survei Anda. Pilih alat yang mudah digunakan oleh para responden dan sediakan data survei dalam format yang mudah dibaca.

Anda dapat menggunakan google form untuk memudahkan mereka mengisinya atau tools lain yang memudahkan Anda mendatanya.

4. Ikuti Praktik Terbaik

Sebelum menyebarkan surveinya, Anda lebih baik untuk mengikuti praktinya terlebih dahulu. Hal ini akan memastikan survei yang Anda lakukan efektif dan akurat.

Praktik itu meliputi; Ajukan pertanyaan yang mencapai tujuan Anda, ajukan pertanyaan satu per satu, tunjukkan manfaatnya kepada responden, dan dapatkan berbagai perspektif saat membuat survei. Pastikan Anda mengikuti hal-hal itu agar survei berjalan lancar.

Baca juga: 4 Hal Dasar Survei Sebelum Buka Bisnis Kuliner

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com