Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keuntungan Memulai Bisnis Jasa di Rumah

Kompas.com - 29/05/2024, 15:40 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi ibu rumah tangga, membuka bisnis rumahan adalah pilihan terbaik. Mereka bisa menjalankan bisnisnya tanpa meninggalkan tanggung jawab atas pekerjaan di rumahnya.

Tanpa disadari, bisnis jasa di rumah juga memiliki banyak keuntungan lain, karena kita bisa hanya bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah dapat meningkatkan produktivitas dan keseimbangan hidup.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Untung Besar, Patut Dicoba

Namun, seperti apa bisnis rumahan itu? Bisnis rumahan bisa berupa jasa penulisan atau penyuntingan konten, desain grafis, jasa konsultasi, jasa mengajar privat online, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mulai jenuh bekerja di bawah korporat dan ingin memulai suatu yang baru, Anda bisa mempertimbangkan untuk merintis bisnis rumahan.

Dilansir dari Business News Daily, berikut empat keuntungan merintis bisnis rumahan:

1. Meminimalisir Inventaris

Memulai bisnis rumahan atau tak membutuhkan banyak persediaan atau inventaris. Anda tidak perlu mempunyai peralatan atau perlengkapan yang kompleks.

Alasan lainnya adalah karena rumah, yang merupakan tempat tinggal Anda, tidak cukup untuk menampung semua inventaris bisnis Anda. Hal ini sebenarnya akan menguntungkan Anda dari segi biaya.

Tak hanya memotong modal, Anda juga tidak perlu melakukan perawatan inventaris atau membelinya kembali (jika rusak). Anda hanya memerlukan laptop, ponsel, dan koneksi internet yang berfungsi untuk mengoperasikan bisnis Anda, yang kemungkinan besar telah Anda miliki.

2. Biaya dan Modal yang Rendah

Salah satu manfaat utama memulai bisnis rumahan adalah biaya atau modal awal yang rendah. Anda tidak perlu menyewa kantor atau toko fisik, sehingga dapat menghilangkan biaya sewa, utilitas, inventaris, dan pemeliharaan gedung.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat biaya transportasi karena tidak perlu bepergian ke tempat kerja setiap hari. Penghematan ini memungkinkan Anda untuk mengalokasikan lebih banyak dana untuk pengembangan bisnis, pemasaran, atau peningkatan produk dan layanan.

3. Pekerjaan Hanya Berbasis Komputer (online)

Mengoperasikan bisnis rumahan berarti Anda tidak dipaksa untuk datang ke kantor atau tempat kerja lainnya. Anda hanya perlu bekerja lewat gawai atau secara online.

Untuk menghubungi supplier, pelanggan, atau pihak lainnya, Anda hanya perlu menggunakan ponsel Anda. Mereka akan mengirimkan kebutuhan bisnis Anda lewat jasa kirim.

Begitu juga dengan Anda, Anda hanya perlu mengirimkan pesanan pelanggan Anda dengan menggunakan jasa kirim fitur pick up, dimana kurir akan menjemput barang langsung dari rumah Anda.

Baca juga: 4 Cara Produktif Menjalankan Bisnis Rumahan

4. Jadwal yang Fleksibel

Korporat seringkali menuntut jadwal yang kaku, dari jam 9 hingga jam 5 karyawan harus bekerja di kantor. Jadwal ini bisa terasa sangat jenuh jika Anda melakukannya setiap hari.

Memulai bisnis rumahann berarti Anda menjadi bos untuk bisnis sendiri. Anda dapat menentukan sendiri jam kerjanya. Anda bisa melakukan pekerjaan kapanpun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com