Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Poin Penting dalam Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman

Kompas.com - 31/05/2024, 19:20 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Lingkungan kerja yang nyaman dalam suatu perusahaan adalah impian bagi para pekerjanya. Lingkungan yang nyaman akan berdampak bagi kesehatan psikologis atau mental karyawan.

Banyak yang tak menyadari bahwa lingkungan kerja perusahaan secara langsung memupuk budaya perusahaan. Jika lingkungan kerjanya dibiarkan positif, maka budaya yang akan timbul, saling mendukung, produktif, dan inovatif.

Baca juga: Tips Merekrut Karyawan yang Sesuai dengan Kultur Kerja Bisnismu

Begitu juga dengan lingkungan kerja yang tak membuat karyawan nyaman, dalam jangka waktu pendek mereka pasti akan resign karena tidak betah.

Dilansir dari Entrepreneur, berikut empat poin penting yang harus diterapkan untuk membuat lingkungan kerja perusahaan Anda nyaman bagi para karyawan;

1. Menghormati dan Profesionalisme

Setiap karyawan harus menghormati atasannya. Sikap hormat atau respect mencerminkan bahwa karyawan bekerja secara profesional.

Interaksi yang penuh hormat antar rekan kerja sangat penting, agar mereka dapat dengan nyaman memperlakukan satu sama lain. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat kode etik profesional perusahaan dan memasukkannya ke dalam buku pegangan karyawan.

2. Komunikasi Terbuka dan Umpan Balik

Sebagai bos yang baik, kamu perlu mendorong tim untuk menawarkan ide atau mengomunikasikan kekhawatiran mereka baik dalam percakapan tertutup maupun rapat kelompok.

Dengan komunikasi terbuka, karyawan akan menganggap bahwa kekhawatirannya bisa diatasi dengan solusi yang telah dirundingkan bersama.

Jika karyawan takut untuk speak up, mereka akan stress untuk memikirkannya sendirian. Hal itu akan berdampak pada kesehatan psikologisnya.

3. Kepercayaan

Kepercayaan yang dimaksud bukan hanya tentang pengusaha yang mempercayai karyawan. Namun, juga karyawan mempercayai pengusaha, dan setiap orang dalam tim saling mempercayai.

Kepercayaan karyawan benar-benar akan muncul mulai dari proses awal, yaitu perekrutan. Tipsnya, kamu perlu memperhatikan proses perekrutan agar dapat melihat
calon kandidat yang memiliki keterampilan hebat dan kecerdasan emosional tinggi.

Baca juga: Karyawan Bekerja Tidak Sesuai Ekspektasi? Lakukan Hal ini

4. Pengakuan dan Dukungan

Sebagai pemimpin yang baik, kamu perlu mengakui atau memvalidasi kinerja karyawan Anda ketika mereka bekerja dengan baik. Sebaliknya, kamu juga perlu memberikan motivasi dan dukungan saat mereka belum bisa mengerjakan sesuatu dengan baik.

Beberapa dari mereka mungkin butuh untuk berproses terlebih dahulu. Di sinilah peranmu diperlukan. Kamu harus terus memberikan dukungan kepada mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com