Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Ekspedisi Pengiriman Produk Usaha

Kompas.com - 03/06/2024, 10:40 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketika menjalankan bisnis secara online atau menggunakan e-commerce untuk pemasaran bisnis, hal yang paling penting adalah memilih jasa pengiriman atau ekspedisi yang tepat.

Bisa jadi Anda telah membungkus paket dengan sebaik mungkin, tetapi saat dikirimkan ke konsumen Anda, paket tersebut rusak karena masalah pengiriman.

Akibatnya Anda harus mengembalikan dana pelanggan, karena jasa kirim tidak akan mau menggantinya secara penuh.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Ekspedisi untuk Pebisnis UMKM

Maka dari itu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memilih pihak ketiga yaitu jasa kirim dengan biaya terjangkau dan meminimalisir terjadinya masalah bagi pelanggan Anda?

Berikut empat cara yang dapat Anda lakukan untuk memilih ekspedisi yang tepat untuk pengiriman bisnis Anda;

1. Pahami Kebutuhan Pengiriman Bisnis Anda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami kebutuhan pengiriman bisnis Anda. Pengiriman yang tepat tergantung dengan produk bisnis Anda atau apa yang ingin Anda kirimkan kepada pelanggan.

Jika bisnis Anda merupakan bisnis yang bergerak pada bidang makanan, Anda harus memilih ekspedisi yang menyediakan pengiriman instan, yaitu pengiriman yang memungkinkan paket diterima konsumen dalam beberapa jam saja. Selain itu, ekspedisi harus mempunyai tempat penyimpanan makanan yang tepat.

Namun, jika produk bisnis Anda merupakan produk fesyen, misalnya parfum, Anda harus memperhatikan bagaimana mereka akan melakukan pengiriman, untuk mencegah produk parfum Anda tumpah atau pecah akibat pengiriman jarak jauh.

2. Bandingkan Beberapa Ekspedisi

Jangan terburu-buru memilih penyedia ekspedisi pertama yang Anda temui atau ekspedisi yang paling dekat dengan lokasi bisnis.

Anda harus membandingkan beberapa penyedia ekspedisi berdasarkan beberapa kriteria: harga, kecepatan pengiriman, dan reputasi ekspedisi.

Anda pasti ingin memilih ekspedisi yang murah, tetapi memiliki kecepatan pengiriman dan reputasi yang bagus, bukan? Untuk mendapatkannya, Anda harus meriset dan membandingkan semua eskpedisi.

Baca juga: Cara Tentukan Biaya Pengiriman agar Bisnis Tidak Merugi

3. Lihat Sejauh Mana Ekspedisi Bertanggung Jawab

Pengiriman jarak jauh yang dilakukan tidak semua berjalan mulus. Masalah paket terbuka, barang yang pecah, paket hilang, dan lain sebagainya kerap terjadi.

Mengatasi hal tersebut, Anda harus melihat sejauh mana atau bagaimana ekspedisi akan bertanggung jawab akan permasalahan yang terjadi. Apakah mereka lepas tangan atau apakah mereka memberikan kompensasi?

Pilihlah ekspedisi yang akan bertanggung jawab untuk menangani pengembalian dana terhadap pelanggan.

Perhatikan juga proses dan lama waktu yang mereka perlukan untuk mengganti kerugiannya.

4. Evaluasi Kinerja Ekspedisi

Setelah menemukan ekspedisi yang tepat, tugas Anda sebagai seorang owner tidak berhenti sampai situ. Anda harus mengevaluasi kinerja ekspedisi setiap melakukan pengiriman.

Untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan sesuai dengan ekspektasi Anda, maka evaluasilah jawabannya.

Evaluasi secara berkala juga dapat membantu Anda menegosiasikan ulang kontrak atau mencari alternatif penyedia jika diperlukan.

Selamat mencoba.

Baca juga: Tips Aman Mengemas Paket untuk Pengiriman ke Luar Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com