Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Seorang Wirausaha? Lakukan 5 Hal Ini di Waktu Luang Anda!

Kompas.com - 13/06/2024, 09:30 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menjadi seorang wirausaha bukanlah tugas yang mudah. Seorang wirausaha mengerjakan banyak sekali pekerjaan, produksi, pemasaran, mengurus keuangan, hingga menjaga hubungan dengan para pemangku kepentingan.

Belum lagi banyak tantangan dan tekanan yang harus dihadapi setiap hari membuat para wirausaha tidak memiliki banyak waktu luang. Namun ketika memilikinya, akan lebih baik jika mereka menghabiskan waktu tersebut untuk memperbaiki diri dan bisnis mereka.

Baca juga: 7 Kewajiban Bisnis yang Harus Diketahui Setiap Wirausaha

Berikut adalah empat rekomendasi aktivitas yang bisa Anda lakukan di waktu luang untuk mendukung keberhasilan usaha Anda.

1. Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, pengetahuan dan wawasan Anda akan semakin bertambah luas.

Anda bisa mencoba membaca buku bisnis, biografi pengusaha sukses, atau literatur yang relevan agar menambah inspirasi untuk memajukan bisnis Anda.

Membaca dapat menjadi cara yang baik untuk relaksasi dan pengurangan stres. Membaca fiksi atau non-fiksi yang menghibur dapat memberikan jeda dari tekanan sehari-hari dan membantu mengembalikan fokus dan energi.

2. Mendengarkan Podcast

Jika Anda tidak suka membaca buku, sekarang sudah ada podcast untuk Anda dengarkan. Dari situ Anda juga bisa menambah insight.

Mendengarkan juga dianggap lebih praktis daripada membaca karena Anda bisa melakukannya dengan menyambi aktivitas yang lain, misal bepergian, berolahraga, bersih-bersih atau melakukan berbagai hal di sekitar rumah.

Anda bisa mencoba mendengarkan podcast di banyak bidang, seperti ekonomi, teknologi, dan budaya, karena semua itu berpotensi memengaruhi bisnis Anda. Memiliki pemahaman tentang dunia di sekitar dapat memberikan wawasan tentang cara menjangkau pelanggan dan prospeknya.

3. Menjauhkan Diri dari Gadget

Salah satu praktik unik yang dapat Anda lakukan adalah mendedikasikan waktu untuk menyendiri, tanpa telepon, komputer, atau gangguan apa pun. Pemutusan hubungan yang disengaja ini memungkinkan pikiran Anda berkeliaran dengan bebas, meningkatkan kreativitas, dan pemikiran strategis.

Di saat-saat hening dan menyendiri biasanya Anda dapat melakukan refleksi mendalam, menjaga kestabilan emosi, yang pada akhirnya membantu Anda menjaga kesehatan mental. Hal itu akan mempertajam keterampilan Anda untuk mengambil keputusan.

Selain pengambilan Keputusan, menyendiri tanpa gadget juga mendorong solusi dan ide kreatif. Kebiasaan ini penting untuk pertumbuhan Anda, apalagi sebagai pendiri usaha untuk meningkatkan gairah (passion) dan inovasi.

Baca juga: Ini Cara Menjadi Wirausaha yang Sesuai dengan Passion

4. Olahraga

Jika setiap hari kita sibuk, tentu kita akan malas untuk bergerak apalagi untuk berolahraga. Saat waktu luang, pastikan Anda menyempatkan diri untuk berolahraga agar tubuh Anda tetap sehat. Berolahraga dapat meningkatkan energi serta membantu Anda untuk tetap produktif di waktu luang.

5. Rekreasi atau Traveling

Rekreasi atau traveling (berpergian) akan memperluas wawasan Anda dan membuka mata Anda terhadap hal-hal yang sebelumnya belum pernah Anda tahu. Anda akan mendapatkan pengalaman baru dan menyadari bahwa dunia itu benar-benar sangat luas.

Dengan traveling, Anda melangkah jauh keluar dari zona nyaman Anda. Bepergian memaksa Anda untuk berada dalam mode yang berbeda dari kehidupan sehari-hari.

Anda dikelilingi oleh hal-hal baru yang tidak Anda kenal sebelumnya dan Anda akan belajar bagaimana mengandalkan diri sendiri, dan bagaimana menyesuaikan diri dengan kondisi tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com