UMKM, Pahami Pentingnya Legalitas Bisnis

Kompas.com - 02/02/2022, 18:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia tercatat meningkat secara pesat di Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada tahun 2020 di Indonesia terdapat lebih dari 60 juta pelaku usaha UMKM. Namun demikian, tingginya angka tersebut tidak sebanding dengan tingkat kesadaran mengenai pentingnya legalitas dalam berbisnis.

CEO Legalku, Muhamad Philosophi menyatakan legalitas bagi pelaku usaha diperlukan untuk memperoleh kepastian perlindungan hukum.

Baca juga: Subsidi Bunga 3 Persen Diperpanjang, Ini Tipsnya agar Pengajuan KUR Lebih Mudah

“Ada beberapa hal yang menjadikan legalitas bisnis itu penting untuk dilakukan, antara lain identitas usaha, pengakuan di mata hukum, badan usaha sebagai entitas yang terpisah dari individu, kemudahan dalam fasilitas pembiayaan, kemudahan dalam hal ekspansi lintas negara, dan perlindungan hukum bagi pemilik usaha,” jelas dia dalam keterangan resmi, Rabu (2/2/2022).

Dia menambahkan, lengkapnya dokumen usaha yang dimiliki, memungkinkan UMKM memperoleh dukungan investor serta pinjaman dana kepada bank untuk pengembangan bisnis.

Selain itu, dengan memiliki izin usaha, kegiatan bisnis yang dijalankan tidak menghadapi risiko seperti halnya penertiban atau pembongkaran.

“Mungkin ada pelaku usaha yang berpikiran bahwa selama ini tidak ada masalah terkait
operasional. Namun berbicara mengenai fakta di lapangan, hanya butuh satu extraordinary
case atau penyidakan untuk membuat suatu usaha tersebut ditutup. Dengan adanya legalitas, resiko tersebut bisa dihilangkan,” tambahnya.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.