Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Nama Usaha yang Tepat dan Mudah Dikenal

Kompas.com - 11/02/2022, 19:11 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama usaha menjadi salah satu faktor penting dalam membangun bisnis. Lewat nama usaha, pelanggan nantinya bisa mengingat bisnis yang hadir di tengah masyarakat.

Bisnis offline maupun online, nama usaha seperti kekuatan magis untuk menguatkan brand di tengah masyarakat. Oleh karena itu, pemilihan nama usaha harus dipikirkan secara matang.

Akurasi dalam pemberian nama usaha nantinya memberi dampak signifikan pada kesuksesan bisnis. Kalau pemberian namanya tidak tepat, bisa berakibat gagalnya bisnis kamu terkoneksi dengan konsumen.

Buat kamu yang sedang berencana membangun bisnis, berikut cara membuat nama untuk bisnismu seperti dikutip dari Lifepal.

1. Hindari nama yang sulit

Buatlah nama yang jelas, mudah diingat, dan punya kekuatan dalam membantu mengenalkan produk bisnis kamu nantinya.

Agar konsumen mudah mengingat dan diucap, sebaiknya hindari nama usaha yang sulit diucapkan. Pakai nama yang sederhana dan mudah.

Dengan begitu, konsumen atau calon klien kamu nantinya, mudah mencari tahu usaha kamu melalui internet.

Sekaligus untuk menghindari atau meminimalisir pengucapan yang salah dari customer. Kamu tentu tak mau kalau harus sering-sering mengoreksi kesalahan ucap, bukan?

2. Pakai akronim

Banyak perusahaan besar yang memilih nama usaha dari akronim dibanding nama asli pemiliknya. Kenapa? Karena mudah diingat.

Seperti peritel perabot rumah tangga dari Swedia, IKEA, yang namanya diambil dari akronim huruf depan pendirinya, Ingvar Kamprad. Sementara itu, dua huruf lainnya diambil dari kota Ingvar dilahirkan, Elmtaryd, dan desanya, Agunnaryd.

3. Nama yang mengandung arti

Idealnya, nama usaha yang tepat adalah yang punya makna positif dan menjelaskan bisnis yang kamu jalani.

Misalnya Kebab Baba Rafi, sudah pasti ini menjual makanan khas Timur Tengah. Cari nama yang mengandung arti positif. Sebab, dengan memilih nama yang mempunyai arti positif, sama artinya doa agar usaha kamu sukses.

Hindari kata-kata yang berkonotasi negatif. Biasanya, kata yang berkonotasi negatif akan cepat hilang, atau mudah dilupakan.

Pernah dengar Es Pocong? Apa saat ini es tersebut masih ada? Lagipula, jika memasang nama yang mengandung arti negatif nanti berimbas pada image perusahaan juga.

4. Gabungan kata

Dalam memilih nama untuk usahamu, tak harus yang formal. Beberapa tahun belakangan ini, pertumbuhan startup sangat tinggi. Dan mayoritas dari perusahaan rintisan ini memilih nama usaha simpel yang terdiri dari satu kata.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com