Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Strategi Digital yang Jitu untuk Tingkatkan Penjualan

Kompas.com - 21/02/2022, 13:29 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci sukses di era digital salah satunya adalah bisa memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk pemasaran digital.

Melalui medsos dan e-commerce, kamu dapat menawarkan produk kepada berbagai segmen konsumen dengan mudah serta bisa menjangkau dan memperluas cakupan pasar konsumen yang kamu incar.

Namun, banyaknya merek yang ada di pasaran akan sangat berpengaruh terhadap pilihan dari konsumen. Sehingga hal ini menyebabkan persaingan penjualan menjadi semakin ketat dan susah.

Baca juga: Vendor Konten Ingin Kebanjiran Proyek di Masa Pandemi? Begini Caranya

Head of Services Zilingo Tut Wuri Handayani, membeberkan beberapa tips jitu bagi pelaku usaha untuk dapat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat.

Dirangkum dari keterangan resmi Zilingo via Kontan.co.id, Senin (21/2/2022), berikut tips untuk dapat meningkatkan performa penjualan dan membangun strategi digital yang tepat:

1. Pentingnya kesan pertama

Dibutuhkan waktu kurang dari 50 milidetik bagi pelanggan untuk memutuskan apakah mereka menyukai halaman e-commerce Anda.

Komunikasi yang menarik secara visual sangat penting karena 80 persen pelanggan akan mengingat apa yang mereka lihat, serta 20 persen di antaranya tidak pernah lupa apa yang mereka temukan di situs web.

Foto produk yang berkualitas tinggi, konten yang relevan, dan desain situs web yang bagus juga user-friendly menjadi perpaduan elemen yang sempurna untuk membangun sebuah toko e-commerce yang menarik di tahun 2022.

2. Target audiens yang tepat dengan rekomendasi yang sesuai

Jika kamu ingin memberikan pengalaman belanja yang baik dan lebih personal, maka berikanlah rekomendasi produk yang relevan.

Faktanya, 53 persen pelanggan suka melihat rekomendasi produk di situs web yang umumnya serupa dengan riwayat penelusuran mereka. Jadi, sangat penting untuk memasukkan daftar produk yang juga disesuaikan dengan target promosi kamu.

3. Bangunlah narasi yang tepat

Sebuah bisnis bukan hanya sekedar tentang produk dan layanan. Kamu harus memiliki kekuatan untuk menceritakan nilai-nilai yang dibawa oleh sebuah brand guna membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan agar sesuai dengan target pasar Anda.

Baca juga: 9 Tips Memulai Bisnis Batik dari Rumah

Pastikan konten yang dibagikan konsisten dengan pesan dan nilai yang dimiliki brand kamu.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pembuatan konten yang relevan seperti artikel blog dan video yang melibatkan audiens Anda secara langsung agar memberikan dampak yang lebih besar untuk perkembangan brand dan penjualan Anda.

4. Manfaatkan pemasaran kreatif dan influencer

Setiap merek memiliki keunikan tersendiri, begitu juga dengan strategi pemasaran yang akan digunakan. Terus amati perkembangan platform serta media terbaru yang dapat digunakan untuk membangun strategi konten yang kuat dan kreatif.

Kamu dapat meningkatkan performa strategi pemasaran Anda dengan melibatkan jaringan influencer yang relevan dengan brand yang kamu bangun.

5. Integrasikan bisnis dengan sebuah tujuan

Brand yang modern tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan para konsumen, tetapi juga memberikan pengaruh dan dampak positif di lingkungan atau masyarakat sekitar.

Studi menunjukkan, 87 persen pelanggan bersedia membeli produk dari brand yang bisa memberikan solusi atas berbagai masalah sosial.

Kamu juga dapat memperkuat bisnis Anda dengan mendukung suatu tujuan sosial. Seperti inisiatif penggunaan bahan ramah lingkungan, kesadaran kesehatan, dukungan terhadap suatu LSM, keikutsertaan dalam perubahan sosial.

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: 5 Tips Jitu Tingkatkan Penjualan dan Bangun Strategi Digital

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com