Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Wirausaha Muda, UNESCO Jakarta dan Citi Indonesia Gelar Pasar Virtual

Kompas.com - 04/06/2022, 17:51 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada awal 2020 memberi pukulan dahsyat bagi sektor ekonomi, termasuk wirausaha muda sebagai pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Berbagai upaya dilakukan agar tetap bertahan. Wirausaha pun giat berinovasi serta cermat melihat potensi untuk menciptakan peluang usaha baru yang dapat dikembangkan di masa pandemi.

Merespons hal itu, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau UNESCO Jakarta menggandeng Citi Indonesia untuk menginisiasi program "Kita Muda Kreatif”.

Dalam upaya mendukung para wirausaha muda, khususnya yang berada di sekitar kawasan warisan dunia, “Kita Muda Kreatif” menggelar pasar virtual bertajuk "Gelar Karya Cinta Budaya," Jumat (3/6/2022).

Acara tersebut disiarkan secara live streaming melalui Zoom dan YouTube Kita Muda Kreatif. Adapun transaksi pada pasar virtual dilakukan melalui grup WhatsApp.

Baca juga: Jalur Rempah Nusantara Bakal Didaftarkan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO

Kepala Unit Budaya UNESCO Jakarta sekaligus tim Kita Muda Kreatif Moe Chiba mengatakan, sejumlah wirausaha muda penerima manfaat program turut terlibat, mulai dari sektor kerajinan, fesyen, hingga pariwisata.

Hingga saat ini, lanjut Moe, pihaknya telah mendukung lebih dari 1.000 wirausaha dari enam provinsi di Indonesia sejak 2017.

"Pasar virtual yang digelar di tengah pandemi Covid-19 merupakan ajang belajar sekaligus praktik secara langsung ilmu pemasaran yang diperoleh selama masa pendampingan teknis digital marketing dari tim Kita Muda Kreatif," ujar Moe dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat.

Moe menambahkan, pendampingan teknis digital marketing merupakan bekal penting bagi pelaku usaha muda. Upaya ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian para wirausaha muda terhadap pentingnya pelestarian warisan budaya nusantara.

Kepala Unit Budaya UNESCO Jakarta sekaligus tim Kita Muda Kreatif Moe Chiba mengatakan, sejumlah wirausaha muda penerima manfaat program turut terlibat, mulai dari sektor kerajinan, fesyen, hingga pariwisata. Hingga saat ini, lanjut Moe, pihaknya telah mendukung lebih dari 1.000 wirausahawan dari enam provinsi di Indonesia sejak 2017. 
Dok. GKCB Kepala Unit Budaya UNESCO Jakarta sekaligus tim Kita Muda Kreatif Moe Chiba mengatakan, sejumlah wirausaha muda penerima manfaat program turut terlibat, mulai dari sektor kerajinan, fesyen, hingga pariwisata. Hingga saat ini, lanjut Moe, pihaknya telah mendukung lebih dari 1.000 wirausahawan dari enam provinsi di Indonesia sejak 2017.

Para wirausaha muda yang tergabung dalam kegiatan tersebut antara lain perajin Gorga, penenun ulos, perajin batik, serta pemandu wisata dari Toba, Yogyakarta, Semarang, Kotatua Jakarta, Lombok, dan Bali.

Baca juga: Populer Sejak Zaman Majapahit, Jamu Diajukan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO

Lebih lanjut, Mao mengatakan dalam pelaksanaan pasar virtual tersebut, UNESCO Jakarta dan Citi Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota (Walkot) Semarang Hevearita G Rahayu mengapresiasi inisiatif UNESCO Jakarta dan Citi Foundation dalam mendukung serta memaksimalkan potensi wirausahawan muda agar semakin berkembang.

Hevearita menilai, pasar virtual “Gelar Karya Cinta Budaya” merupakan momentum tepat untuk mengobarkan semangat ekonomi kreatif, khususnya kepada kalangan muda di Tanah Air.

“Saya berharap, melalui pasar virtual tersebut, wirausahawan muda kreatif Indonesia bisa tembus pasar internasioal dan mengharumkan nama bangsa. Ini adalah saat yang tepat untuk mengambil peran dalam melestarikan kebudayaan melalui produk-produk kreatif dari UMKM di daerah masing-masing,” terang Hevearita.

Salah satu produk fesyen wirausahawan muda yang berpartisipasi pada pasar virtual bertajuk  Gelar Karya Cinta Budaya. Tim program Kita Muda Kreatif memberikan pendampingan teknis digital marketing sebagai bekal penting bagi pelaku usaha. Lewat program ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian para wirausaha muda pentingnya upaya pelestarian warisan budaya Nusantara.Dok. GKCB Salah satu produk fesyen wirausahawan muda yang berpartisipasi pada pasar virtual bertajuk Gelar Karya Cinta Budaya. Tim program Kita Muda Kreatif memberikan pendampingan teknis digital marketing sebagai bekal penting bagi pelaku usaha. Lewat program ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian para wirausaha muda pentingnya upaya pelestarian warisan budaya Nusantara.

Dukungan untuk komunitas lokal

Pada kesempatan sama, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni Anjungsari mengatakan, Citi Foundation memberikan perhatian khusus serta membuka peluang bagi komunitas lokal untuk berkembang, terutama di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Citi Indonesia Bekali Kemandirian Finansial untuk Generasi Muda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com