Ada Banyak Pekerjaan Baru, Coba Buka Bisnis Pelatihan untuk Raup Cuan...

Kompas.com - 07/06/2022, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak peluang yang bisa dicoba di tengah munculnya berbagai profesi pada sektor-sektor usaha yang baru. Misalnya maraknya medsos mendorong banyak orang ingin paham soal digital marketing.

Kemudian ramainya platform pengantaran makanan turut membuat banyak orang ingin bisa memasak dan menjual masakannya di platform digital.

Seiring dengan banyaknya pekerjaan baru yang muncul, naik pula kebutuhan pelatihan untuk bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Hal ini membuat usaha pelatihan untuk ketrampilan pekerjaan baru semakin terbuka.

Baca juga: Teten Masduki: Indonesia Harus Kembangkan Enterpreneur dan Riset jika Ingin Maju

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis pelatihan keterampilan untuk pekerjaan-pekerjaan baru, ada baiknya baca tips berikut ini: 

1. Menyiapkan tema pelatihan yang terfokus

Ada baiknya kamu membuka kelas pelatihan yang benar fokus. Misalnya pelatihan digital marketing, fokuskan saja pelatihan pada hal-hal seputar pemasaran digital beserta turunannya. Pun jika kamu ingin membuat pelatihan terkait komunikasi, buat saja kelas yang ada kaitannya dengan sektor tersebut, misalnya menulis, public speaking, pembuatan konten, dan sebagainya.

2. Buat jadwal pelatihan tetap

Jadwal pelatihan juga perlu dibuat teratur dan reguler. Ini akan memberikan image bahwa kelas yang kamu buka memang benar-benar serius dan berkelanjutan dan tak sekedar musiman.

Selain itu, jadwal pelatihan reguler memungkinkan kamu dan para pengajar menyiapkan materi pelatihan dengan baik karena memang sudah terjadwal.

3. Siapkan pengajar yang menguasai tema

Pelatihan apapun, kita memerlukan orang-orang yang punya kompetensi untuk membagikan ilmunya. Tanpa orang yang kompeten, jangan harap usaha kelas pelatihan akan diminati peserta.

Untuk itu, pilihlah pengajar yang punya track record baik dan memang menguasai keahlian di bidang yang akan diajarkan.

Baca juga: Manfaatkan Platform Digital, Monica Sukses Ekspor Pakaian ke 4 Negara

5. Presentasi yang bagus

Salah satu kunci keberhasilan pelatihan adalah presentasi yang bagus. Dukungan visual akan membantu peserta memahami materi yang diajarkan. Karenanya, siapkan materi presentasi yang bagus dan runtut.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.