Dana Darurat Bisnis, Bagaimana Cara Mempersiapkannya?

Kompas.com - 11/06/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempersiapkan dana darurat sangat penting dalam rencana keuangan. Hal ini bukan hanya berlaku untuk keuangan pribadi dan keluarga, tetapi juga untuk urusan bisnis. Atau dengan kata lain dana darurat perusahaan atau bisnis.

Merintis dan menjalankan bisnis tidak selalu sesuai dengan rencana. Setiap pengusaha pasti menginginkan bisnisnya terus berkembang dan maju pesat. Namun ekspektasinya berbeda.

Di tengah jalan mengalami kendala atau hambatan, sehingga membutuhkan sokongan atau suntikan dana untuk keluar dari permasalahan.

Saat kondisi gawat dan mendesak inilah, dana darurat bisa menjadi penyelamat. Bisnis dapat kembali berjalan lancar, bahkan menolong perusahaan yang sudah diambang kebangkrutan.

Sama seperti dana darurat pribadi, dana darurat bisnis bertujuan sebagai dana cadangan untuk membiayai hal-hal darurat. Perbedaannya terletak pada kebutuhan yang harus dibiayai dana darurat.

Misalnya, dana darurat pribadi dipakai ketika menderita sakit, kecelakaan, kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Sementara itu, dana darurat bisnis digunakan saat keadaan genting, seperti membayar gaji karyawan saat tak ada pemasukan, membayar utang jatuh tempo, menyelamatkan bisnis dari krisis atau menutupi biaya operasional ketika pandemi Covid-19 lalu, dan lainnya.

Berikut tips mengumpulkan dana darurat bisnis, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tentukan jumlah dana darurat yang ingin dikumpulkan

Jika kebutuhan dana darurat pribadi minimal tiga sampai enam kali pengeluaran bulanan, dana cadangan bisnis yang harus dipersiapkan perusahaan pun paling sedikit enam bulan dari anggaran operasional setiap bulan.

Misal biaya operasional setiap bulan biasanya menghabiskan Rp 30 juta, maka minimal dana darurat bisnis sekitar Rp 180 juta. Besarannya tergantung pada skala bisnis perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.