Produk Liquid Vape Asal Malang Siap Jajaki Pasar Internasional

Kompas.com - 27/06/2022, 14:08 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Pelaku industri rokok elektrik atau vape optimis kembali bergeliat di Indonesia maupun di negara lain. Hal ini membuka peluang bagi industri ini untuk lebih melaju.

Salah satu perusahaan asal Malang yakni J99 Vape yang beralamat di Jalan Simpang Panji Suroso, Kota Malang, Jawa Timur menargetkan dalam waktu dekat bisa menjajaki pemasaran produk ke luar negeri.

Manajer Operasional J99 Vape, Gigih Gesang Pambudi mengatakan saat memulai usaha, ketika itu di awal pandemi Covid-19 atau tahun 2020.

Baca juga: 6 Cara Bisnis Cepat Naik Daun, Salah Satunya dengan Ilmu Ikhlas

Kebetulan juga, geliat pengguna vape atau vapers di Indonesia sedang menurun. Namun situasi itu menurutnya tidak terlalu berpengaruh terhadap perusahaannya. Sebaliknya, justru keadaan tersebut membuat perusahaannya bisa merintis produk yang ada dari awal.

"Yang awalnya (di Malang) ada 10 perusahaan berkaitan dengan rokok elektrik, saat pandemi yang aktif tinggal beberapa saja. Dulu sebelum pandemi Vapers itu kalau tidak salah jumlahnya sekitar 3 juta pengguna tapi turun jadi 1,5 juta pengguna," katanya.

Namun, Gigih mengungkapkan, saat ini perusahaannya telah kembali bangkit.

Kondisi ini dinilainya bagus karena dapat menumbuhkan persaingan yang ada dan utamanya berkontribusi terhadap perekonomian daerah.

"Tentunya bisa membuka lapangan kerja, seperti tim produksi dari 4 orang sekarang 9 orang, belum lagi staf lainnya. Secara kualitas produksi dan kuantitas, produksi kita ada kenaikkan, untuk geliatnya semakin tinggi," katanya.

Dia juga melihat potensi pasar dari penjualan produk yang ada seperti beralihnya pengguna rokok konvensional ke elektrik. Kemudian bergeliatnya kembali dari toko-toko penjualan vape beserta komponennya.

"Sewaktu pandemi dua tahun itu banyak yang tutup, sekarang rata-rata sudah buka kembali. Kalau di Malang Raya ini ada sekitar 30 toko, bahkan potensi untuk bertambah terus ada," katanya.

Baca juga: Gunakan Kapas Asli Lombok, Kerajinan Rajut Buatan Sri Wahyuni Laris di Pasaran

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.