Bisa Datangkan Cuan, Ini Tips Ternak Kroto untuk Pemula

Kompas.com - 06/07/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbisnis kroto punya peluang tersendiri untuk berkembang. Permintaan kroto disebut cukup tinggi meskipun stoknya di alam terbatas.

Kroto merupakan telur semut rangrang atau Oecophylla smaragdina. Kroto diklaim kaya akan kandungan protein dan lemak sehingga suara burung yang lebih nyaring dan indah jika mengonsumsinya.

Baca juga: 5 Cara Budidaya Kroto untuk Pemula, Pakan Burung Kicau Bisa Hasilkan Cuan

 

Budidaya kroto pun bisa dilakukan di lingkungan rumah. Kamu bisa mulai menyiapkan bibit koloni semut, membuat kandang, menebarkan bibit koloni kroto, memberi pakan, lalu memanennya. 

Jika kamu seorang pemula dalam beternak kroto, ada beberapa tips untuk para peternak kroto pemula. Berikut tips-tips yang bisa diperhatikan seperti dirangkum dari Cermati.com

1. Menyatukan Koloni

Para peternak kroto pemula pertama harus memerhatikan cara menyatukan koloni. Semut merupakan hewan yang hidupnya berkoloni.

Ada potensi perkelahian yang menyebabkan kematian saat menyatukan dua koloni dalam satu masa sekaligus. 

Peternak pemula penting untuk mengetahui cara menyatukan koloni dengan benar. Cara yang dianggap paling efektif adalah dengan menggedor rak sebelum memasukkan koloni semut baru lalu biarkan selama satu hari sebelum dibuka besok.

2. Faktor Penentu Kualitas Kroto

Kroto berkualitas ditentukan sejumlah faktor. Salah satunya adalah faktor makanan.

Semut rangrang menyukai makanan berprotein tinggi seperti kumbang madu. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menuangkan larutan air dan gula secara berkala.

Selain makanan, ada pula berbagai faktor lain seperti intensitas cahaya, suhu, dan kelembapan udara. Semut rangrang umumnya menyukai suasana yang remang-remang dan cenderung gelap agar dapat bertelur secara optimal.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.