Ikuti Pelatihan Penulisan, UMKM di Maluku Utara Bersiap Go Digital

Kompas.com - 22/07/2022, 11:08 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Pelaku UMKM di kawasan Indonesia bagian timur, terutama di wilayah Provinsi Maluku Utara memerlukan peningkatan kemampuan digital agar bisa mengakses pasar yang lebih luas. 

Asisten III Gubernur Maluku Utara  Asrul Gailea menuturkan saat ini belanja secara online telah menjadi bagian gaya hidup sebagian besar masyarakat. Karena itu, UMKM di Maluku Utara harus bisa memanfaatkan tren ini agar bisa mendapatkan benefit dan siap go digital.

"Karena itu, pelaku UMKM harus inovatif dan siap memanfaatkan berbagai saluran digital agar bisa memperoleh kesempatan memperbesar bisnisnya," kata Asrul Gailea saat memberikan sambutan dalam acara pelatihan penulisan konten digital yang diselenggarakan oleh Kompas.com dan Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: 5 Jajanan Sekolah yang Bisa Jadi Ide Usaha di Rumah

Selain itu, kemampuan inovasi dan pemanfaatan saluran online diperlukan seiring dengan langkah pemerintah yang akan mengalokasikan 60 persen anggaran untuk belanja produk-produk UMKM.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho menyatakan kemampuan menulis konten untuk platform digital menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh UMKM pada saat ini.

Konten dalam bentuk narasi akan membantu pelaku UMKM memberikan value pada produk-produk yang dijual.

"Ada kecenderungan saat ini, konsumen ketika membeli sesuatu, itu tak hanya membeli produknya tapi juha mempertimbangkan hal-hal lain yang terkait dengan prosesnya, bahan bakunya dan sebagainya. Itulah pentingnya narasi pada produk yang dijual," jelas Wisnu Nugroho.

Kepala Biro Komunikasi dan Teknologi Informasi (KTI) Kemenkop UKM Budi Mustopo menuturkan, bahwa kerja sama yang dijalin antara Kemenkop UKM dan Kompas.com telah memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM mempelajari pembuatan konten-konten digital.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan ini," kata Budi.

Baca juga: Dibantu KemenKopUKM, Ini Cerita Mahasiswa Universitas Kuningan Kembangkan Usaha

Kemenkop UKM dan Kompas.com sebelumnya menjalin kerja sama untuk pembekalan kemampuam bagi UKM se-Indonesia agar bisa menulis dalam rangka pembuatan platform digital.

Pelatihan yang diselenggarakan di Kota Ternate, Maluku Utara merupakan putaran terakhir dari 4 rangkaian pelatihan yang diselenggarakan secara offline.

Sebelumnya, pelatihan dilaksanakan di Kendal Jawa Tengah, Medan Sumatera Utara, dan Mataram NTB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.