Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Pelatihan Penulisan, UMKM di Maluku Utara Bersiap Go Digital

Kompas.com - 22/07/2022, 11:08 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

TERNATE, KOMPAS.com - Pelaku UMKM di kawasan Indonesia bagian timur, terutama di wilayah Provinsi Maluku Utara memerlukan peningkatan kemampuan digital agar bisa mengakses pasar yang lebih luas. 

Asisten III Gubernur Maluku Utara  Asrul Gailea menuturkan saat ini belanja secara online telah menjadi bagian gaya hidup sebagian besar masyarakat. Karena itu, UMKM di Maluku Utara harus bisa memanfaatkan tren ini agar bisa mendapatkan benefit dan siap go digital.

"Karena itu, pelaku UMKM harus inovatif dan siap memanfaatkan berbagai saluran digital agar bisa memperoleh kesempatan memperbesar bisnisnya," kata Asrul Gailea saat memberikan sambutan dalam acara pelatihan penulisan konten digital yang diselenggarakan oleh Kompas.com dan Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: 5 Jajanan Sekolah yang Bisa Jadi Ide Usaha di Rumah

Selain itu, kemampuan inovasi dan pemanfaatan saluran online diperlukan seiring dengan langkah pemerintah yang akan mengalokasikan 60 persen anggaran untuk belanja produk-produk UMKM.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho menyatakan kemampuan menulis konten untuk platform digital menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh UMKM pada saat ini.

Konten dalam bentuk narasi akan membantu pelaku UMKM memberikan value pada produk-produk yang dijual.

"Ada kecenderungan saat ini, konsumen ketika membeli sesuatu, itu tak hanya membeli produknya tapi juha mempertimbangkan hal-hal lain yang terkait dengan prosesnya, bahan bakunya dan sebagainya. Itulah pentingnya narasi pada produk yang dijual," jelas Wisnu Nugroho.

Kepala Biro Komunikasi dan Teknologi Informasi (KTI) Kemenkop UKM Budi Mustopo menuturkan, bahwa kerja sama yang dijalin antara Kemenkop UKM dan Kompas.com telah memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM mempelajari pembuatan konten-konten digital.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan ini," kata Budi.

Baca juga: Dibantu KemenKopUKM, Ini Cerita Mahasiswa Universitas Kuningan Kembangkan Usaha

Kemenkop UKM dan Kompas.com sebelumnya menjalin kerja sama untuk pembekalan kemampuam bagi UKM se-Indonesia agar bisa menulis dalam rangka pembuatan platform digital.

Pelatihan yang diselenggarakan di Kota Ternate, Maluku Utara merupakan putaran terakhir dari 4 rangkaian pelatihan yang diselenggarakan secara offline.

Sebelumnya, pelatihan dilaksanakan di Kendal Jawa Tengah, Medan Sumatera Utara, dan Mataram NTB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com