Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bangkit dari Bisnis yang Bangkrut? Coba Lakukan Tips Ini

Kompas.com - 27/07/2022, 10:53 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan usaha, memang selalu dihadapkan pada berbagai risiko. Salah satu risiko yang muncul adalah gagalnya bisnis.

Namun ketika dihadapkan pada kegagalan, putus asa bukanlah sebuah pilihan. Sebaiknya, seorang pengusaha harus tahan banting dan siap untuk bangkit kembali.

Untuk itu, bagi kamu yang saat ini sedang mengalami kegagalan, ada baiknya segera bangkit dan mulai menata kembali usaha. Apa saja yang harus dilakukan?

Baca juga: Geliat Produk UMKM Ikan Asap Pantai Tambakrejo, Omzet Capai Rp4 Juta

Tidak terlalu bereaksi berlebihan dan menyalahkan

Ketika bisnis mengalami kegagalan, baiknya tidak buru-buru menyalahkan, entah kepada diri sendiri maupun pihak lain. Coba berhenti sejenak untuk memunculkan pikiran yang jernih. Kemudian, lihat faktor-faktor yang kiranya berkontribusi terhadap kegagalan atas bisnis yang dijalankan. 

Melakukan Evaluasi

Setelah bisa berfikir jernih, mulai lakukan evaluasi atas berbagai hal yang telah dijalankan. Coba lihat biaya yang telah dikeluarkan, kegiatan produksinya, pemasaran, hingga kondisi pasar. 

Dari evaluasi tersebut, kamu akan mengetahui di mana letak kesalahan hingga menyebabkan usahamu gagal.

Anggap temuan itu sebagai sebuah pelajaran penting dan seluruh biaya yang telah keluar, anggap saja sebagai modal belajar untuk berbisnis

Perbaiki sistem Keuangan

Dari berbagai literatur, salah satu penyumbang terbesar dalam berbisnis adalah sistem keuangan yang kurang terkelola dengan baik. Banyak pebisnis yang kurang menyadari mengenai pentingnya arus kas.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah menahan diri untuk tidak segera mengambil keuntungan dari usaha yang dijalankan, dan memberi kesempatan agar uang terus terkumpul untuk membiayai berbagai kebutuhan bisnis.

Lainnya adalah memperbaiki kontrol atas biaya yang dikeluarkan agar pengeluaran lebih terkendali.

Baca juga: 6 Tips Bisnis Cepat Naik Daun, Salah Satunya dengan Cara Ilmu Ikhlas

Cari Dukungan Moral dan Dukungan Modal

Ketika kamu mengalami kegagalan bisnis, bagaimanapun, kamu memerlukan dukungan dari orang-orang sekitarmu untuk bangkit. Berbicaralah dari hati ke hati dengan mereka untuk mendapatkan suntikan semangat, sekaligus untuk membantu mencari solusi.

Hal lain yang juga kamu butuhkan adalah dukungan modal. Carilah dukungan ini kepada orang-orang dekatmu dengan mengatakan bahwa kamu sangat membutuhkan. Jika masih memungkinkan mendapatkan dari perusahaan jasa keuangan, kamu bisa mencoba mengajukan pinjaman ke sana.

Mencoba Bisnis yang Benar-benar Diketahui

Hal lain yang membuat usaha menjadi bangkrut adalah si pebisnis kurang memahami bisnis yang dijalankan, entah itu produksinya, hingga pemasarannya.

Jika kamu mengalami kondisi yang sama, baiknya kamu berpikir untuk memulai usaha yang benar-benar kamu pahami dan yang kamu kuasai.

Selalu Jaga Diri Sendiri

Ketika seseorang sedang terpuruk, seringkali mereka mengabaikan kondisi diri sendiri. Mereka cenderung cemas dan akhirnya terpuruk karena mengonsumsi alkohol bahkan narkoba untuk melarikan diri dari kenyataan.

Jika kamu menghadapi kondisi serupa, baiknya kamu selalu menjaga diri sendiri dan tidak melarikan diri dengan melakukan hal-hal yang bisa merugikan. Tidurlah tepat waktu dan selalu rutin berolah raga selagi kamu sedang tidak ada pekerjaan mendesak. 

Ingatlah, ketika kamu ingin bangkit, kamu harus dalam kondisi yang benar-benar fit agar semua rencana yang disusun bisa terealisasi dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com