Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geliat Produk UMKM Ikan Asap Pantai Tambakrejo, Omzet Capai Rp4 Juta

Kompas.com - 27/07/2022, 07:00 WIB
Bayu Apriliano,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

BLITAR, KOMPAS.com - Salah satu yang menjadi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang jadi ikon di Pantai Tambakrejo Blitar, Jawa Timur adalah ikan asap. Warung penjualan ikan ini setiap harinya dipadati selalu pengunjung.

Terletak di pantai selatan Jawa, Pantai Tambakrejo menjadi salah satu tujuan wisatawan dari berbagai daerah. Di sepanjang bibir pantai banyak ditemui penjual ikan asap yang menggelar dagangannya.

Tak hanya ikan asap, melainkan berbagai jenis ikan segar seperti ikan tenggiri, manyung, pari, kakap, baronang, dan sejumlah ikan yang banyak ditemukan di Pantai Tambakrejo.

Baca juga: Bermodal Rp 300.000, Produk Home Decor Pengusaha Blitar Ini Tembus Asean

Salah satu pedagang Riski (36), mengaku bisa menjual ratusan potong ikan asap setiap harinya. Omzet penjualan ikan di warung miliknya dalam sehari bisa mencapai Rp4 juta. Tak hanya Riski, puluhan pedagang juga banyak yang menggantungkan hidupnya dengan jualan ikan asap.

Harga ikan asap di warung milik Riski bervariasi mulai dari Rp2.500 hingga Rp10.000 per potong. Harga tersebut sesuai dengan jenis dan ukuran potongan ikan.

“Sekitar 400 potong per harinya, kalau hari libur bisa lebih banyak lagi mas," kata Riski, Senin (25/7/2022).

Penjual ikan asap di Pantai Tambakrejo, Blitar, Jawa Timur pada Senin (25/7/2022).KOMPAS.com/BAYU APRILIANO Penjual ikan asap di Pantai Tambakrejo, Blitar, Jawa Timur pada Senin (25/7/2022).

Pada masa-masa libur, omzet penjualan ikan asap di warung milik Riski ini Melonjak hingga 50 persen. Para pengunjung warung ikan asap di Pantai Tambakrejo ini banyak berdatangan dari Kabupaten Kediri, Malang, Tulungagung, Madiun, Nganjuk, dan daerah sekitarnya.

Ikan asap khas Pantai Tambakrejo juga dijual dalam keadaan sudah siap makan menjadi ikan asap bakar. 

Baca juga: Berdayakan Perajin Kendang Jimbe Blitar, Anik Sukses jadi Eksportir Beromzet Rp 5 Miliar Per Bulan

Uniknya, pengunjung dapat langsung melihat proses pembakaran ikan di Pantai Tambakrejo. Para pengunjung pun bisa memesan tingkat kematangan ikan miliknya.

"Kami jual ikan yang sudah siap santap maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kami bakar langsung di sini dan kami ada sambal juga," katanya.

Sementara itu, Anisa warga Desa Lorejo Kecamatan Bakung, mengaku sengaja membeli ikan asap di kawasan itu karena murah. Anisa menyebutkan, nikmatnya menyantap ikan asap Pantai Tambakrejo adalah menikmati ikan asap sambil melihat senja di bibir pantai.

“Kami beli di warung dan kami nikmati di Pantai itu sensasinya mas,” ungkapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com