Kisah Kang Apep, Hobi Bikin Pisau di Bogor, Kini Terjual Hingga ke Amerika

Kompas.com - 10/09/2022, 09:00 WIB

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Senyum sumringah terpancar dari sosok Apep Friyana atau yang kerap disapa Kang Apep saat menunjukkan karya pisau-pisau yang dibuatnya di program Inspirasi +62 Kompas.com pada Jumat (9/9/2022).

Berawal dari hobi mendaki gunung dan bertualang, Kang Apep sadar satu alat yang penting dimiliki ialah pisau yang tajam dan kuat. Oleh sebab itu, ia memutuskan untuk mulai membuat pisau pada Agustus 2015 sebagai hobi. Saat itu, ia belum menjual pisau buatannya.

“Agustus 2015 saya membuat bengkel pisau sederhana, tujuan utamanya tidak untuk dijual, saya senang saja. Membuat bengkel tempat saya bekerja,” ungkap Kang Apep.

Lambat laun pisau-pisau milik Kang Apep mulai menarik perhatian. Hal ini didorong oleh keaktifan Kang Apep dalam mengunggah karyanya di media sosial. Ia mengaku, media sosial membuatnya bertemu dengan teman-teman yang satu hobi dengannya.

Pisau buatan Apep Friyana Kang Apep diberi merek AFW Knife. Di awal tahun 2016, permintaan-permintaan untuk membuat pisau custom muncul.

Sejak saat itu, Kang Apep memutuskan meninggalkan pekerjaannya dan fokus memproduksi pisau. Ia mendirikan bengkel di Jalan Rancamaya-Bojongkerta, Bojongkerta, Bogor Selatan,  Kota Bogor, Jawa Barat.

Handmade jadi karakter dan daya tarik tersendiri

Pisau buatan Apep Friyana atau kerap disapa Kang Apep dengan merek AFW Knife. Di awal tahun 2016, permintaan-permintaan untuk membuat pisau custom muncul.Dok. Instagram AFW Knife Pisau buatan Apep Friyana atau kerap disapa Kang Apep dengan merek AFW Knife. Di awal tahun 2016, permintaan-permintaan untuk membuat pisau custom muncul.

Dimulai dari sebuah bengkel sederhana, Kang Apep berpegang teguh pada konsep handmade atau membuat pisau dengan tangan. Meskipun cara handmade ini terkadang memiliki inkonsistensi di beberapa bagian, tetapi menurut Kang Apep di situlah karakter dan ciri khas dari pisau miliknya.

“Setiap karya itu pasti ada karakter yang membuatnya, di AFW Knife itu ada karakter contohnya hanya dibuat dengan tangan, tidak dibuat massal, sehingga membuat bentuknya khas dan khusus, berbeda dengan pabrikan,” tutur Kang Apep.

Karakter AFW Knife dengan slogan ‘totally handmade’, pisau-pisau yang dibuat secara custom sesuai permintaan ini terasa lebih personal dan eksklusif bagi pemiliknya.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.