Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smesco Siapkan Program Jangka Pendek dan Panjang: Target Terdekat G20

Kompas.com - 24/09/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Smesco menyiapkan program untuk jangka pendek dan jangka panjang di Smesco Hub Timur. Upaya tersebut untuk mengoptimalisasi Smesco Hub Timur sebagai hub investor dan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

"(Program) Jangka pendeknya G20. Intinya, jangka pendeknya, narasi Koalisi Ekonomi Membumi bersama Smesco di Smesco Hub Timur akan memberikan narasi dari Indonesia mengenai ekonomi lestari versi Kita," kata Direktur Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata dalam wawancara dengan Kompas.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Leonard, menjelaskan, keinginannya untuk menunjukkan dan menawarkan bentuk ekonomi lestari versi Indonesia yang lebih berkelanjutan atau sustainable. Koalisi Ekonomi Membumi merupakan simpul yang berfokus pada isu lingkungan, sosial, dan pemerintahan/perusahaan yang memiliki tujuan meningkatkan ekosistem investasi Indonesia dan mendorong pertumbuhan produk bisnis berkelanjutan di Indonesia.

Koalisi Ekonomi Membumi terdiri dari berbagai pemangku kepentingan mulai dari perwakilan pemerintah, asosiasi swasta, pelaku ekosistem, hingga jaringan berbagai Usaha Kecil Menengah (UKM) berkelanjutan.

"Pembangunan yang lebih tepat, yang approachnya lebih membumi. Nah, ini nih yang mau Kita tawarin. Belum terlambat. Jangan semuanya jadi urban metropolis. Itu visi ke depan. Mungkin butuh 15 sampai 20 tahun, yang penting Kita mulai dulu," tambah Leonard.

Terkait dengan program jangka panjang, Smesco berharap dapat menjadi think tank (wadah pikiran) bagi UKM yang kekurangan modal.

Untuk target dari program ini, Smesco menargetkan 100 UKM dalam 3 tahun. Hal ini terpecah menjadi 80 usaha kecil yang menjadi usaha menengah dan 20 usaha menengah yang naik kelas jadi usaha besar.

Leonard juga menyebutkan salah satu kisah UKM yang menginspirasinya, yaitu usaha minyak kutus-kutus. Usaha dari sektor agro tersebut tergolong usaha tradisional yang berkembang hingga menggunakan peran teknologi dan menghasilkan omzet luar biasa.

Ia berharap, anak muda bangsa dapat melihat dan terinspirasi dari hal itu juga. Bahwa potensi sumber daya alam Indonesia bisa dimanfaatkan untuk menjadi usaha yang kokoh, tidak selalu harus berbasis teknologi canggih.

"Anak muda harus melihat itu. Bikin dong yang lain. Beauty, skincare, itu kan gede marketnya," ujarnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.