Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OCBC terus Berikan Dukungan untuk Perempuan Pengusaha

Kompas.com - 04/11/2022, 10:27 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comOCBC terus mendorong representasi dan perkembangan pengusaha perempuan lewat program Tidak Ada yang Tidak Bisa (#TAYTB) Women Warriors.

Program tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah solusi layanan keuangan untuk para pengusaha perempuan, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menggabungkan kebutuhan individu dan bisnis yang didukung dengan layanan beyond banking.

Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja menyampaikan bahwa perbedaan kebutuhan antara pengusaha perempuan dan laki-laki, menjadi dasar diluncurkannya program #TAYTB Women Warriors tersebut.

Baca juga: Berawal dari Bosan saat Pandemi, Pemuda asal Purworejo Ubah Pakis Hutan jadi Uang

"Kita (OCBC) melihat pengusaha perempuan itu kebutuhannya berbeda dengan pengusaha laki-laki. Sehingga kami menggunakan kombinasi solusi ini," ujar Parwati saat acara Media Briefing CurrenShe Campaign Bank OCBC NISP di Mal Sarinah, Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Kombinasi solusi yang dimaksudkan adalah bahwa program #TAYTB ini memiliki tiga poin utama, yaitu manage yang berarti solusi pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi, grow untuk pengembangan bisnis UMKM (seperti bantuan pinjaman kredit), serta live yang artinya pelatihan lewat kelas dan modul bisnis secara digital.

Parwati juga mengungkapkan, melalui riset data yang dilakukannya, terdapat keyakinan bahwa keterlibatan kaum perempuan dalam dunia ekonomi akan berdampak baik dan besar bagi perekonomian negara dan dunia secara lebih luas.

"Kalau perempuan terlibat dalam bisnis dan ekonomi, lebih setara, itu akan meningkatkan PDB (Produk domestik bruto), kinerja perusahaan, serta meningkatkan kesejahteraan keluarganya secara pribadi," tutur Parwati.

Baca juga: Pertamina PTC dan YIIM Gelar Program Bantuan Wirausaha 2022

Lewat program #TAYTB sendiri, Bank OCBC telah menyalurkan kredit sebesar Rp 3 triliun atau setara dengan peningkatan 38,2 persen dari periode sebelumnya per 30 September 2022. Untuk jumlah wirausaha perempuan yang bergabung dalam program ada sebanyak 1.248 pengusaha, yang artinya meningkat sebesar 22,5 persen.

Selain itu, dalam rangka mendekati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI), program #TAYTB Women Warriors ini juga meluncurkan kampanyes terbarunya, yaitu CurrenShe.

Kampanye ini bertujuan untuk menularkan semangat dan motivasi bagi kaum perempuan agar dapat berkontribusi secara optimal di dalam roda perekonomian negara. Peluncuran kampanye dilakukan dengan membagikan cerita inspirasi pejuang wanita Indonesia lewat teknologi Augmented Reality (AR) pada uang kertas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com