Tea Heaven, Sajikan Teh Berkualitas dari Sukabumi untuk Pasar Domestik

Kompas.com - 09/11/2022, 19:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya ekspor produk teh ke luar negeri tidak membuat sejumlah pelaku usaha teh dalam negeri mengurangi kualitas produk untuk pasar dalam negeri.

Salah satunya brand teh lokal yang tetap menjaga kualitas meskipun pasar yang disasar dalam negeri adalah Tea Heaven.

Tea Heaven merupakan sebuah brand teh lokal asal Sukabumi yang sudah berdiri sejak 2017.

Pemilik usaha Tea Heaven, Devina Amelia menjelaskan bahwa awal mula usaha tehnya itu muncul karena kesadaran mengenai industri perkebunan teh di Sukabumi.

Baca juga: 3 Tantangan yang Sering Dialami UMKM

"Dari situ kita melihat teh-teh dengan kualitas terbaik ini justru diekspor ke luar negeri. Sedangkan teh yang mayoritas dijual di pasar lokal hanyalah sisa ekspor dengan kualitas yang cukup di bawah," tutur Devina pada acara Virtual Media Briefing Tokopedia Sambut Hari Pahlawan, Rabu (9/11/2022).

Devina menyampaikan, karena concern tersebut, muncul ide untuk membuat suatu brand teh lokal dengan produk yang dapat bersaing dengan brand teh luar negeri.

Ia berharap Tea Heaven bisa menjadi brand teh lokal yang berkualitas baik untuk masyarakat. Melalui Tea Heaven juga, Devina berharap bisa memperkenalkan teh lokal kepada pasar dalam negeri.

"Hal ini karena dunia teh herbal hasil Indonesia ini sebenarnya sangat kaya, tapi masih belum banyak dikenal. Jadi kami bekerja sama dengan 20 perkebunan teh yang sebagian besarnya merupakan petani-petani kecil di pelosok," jelas Devina.

Tea Heaven selalu bertekad untuk membantu memasarkan hasil panen para petani teh tersebut serta memberikan edukasi mengenai manfaat dari produk teh mereka kepada masyarakat luas.

Memberdayakan Pengrajin Bambu lewat Usaha Teh

Selain perhatian tinggi dalam memproduksi teh, Tea Heaven juga memperhatikan hal-hal lain seperti kemasan produk yang digunakan.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.