Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi dengan BNI, Batik Maos Rajasamas Tembus Pasar Ekspor

Kompas.com - 11/11/2022, 15:15 WIB
Putri Sophia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pelaku usaha Batik Maos Rajasamas asal Cilacap, Euis Rohani mengaku banyak tantangan agar produk batiknya mampu diekspor dan dikenal mancanegara.

Salah satunya saat ia berkesempatan mengenalkan batiknya di Jerman pada 2016. Terhalang oleh biaya, Euis memutuskan untuk berkolaborasi dengan Bank Negara Indonesia (BNI) agar batiknya bisa mejeng di Frankfurt, Jerman.

“BNI membantu akomodasi saya di 2016 sehingga bisa berangkat ke sana. Produk kita sekarang sudah ada terpampang di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jerman,” tutur Euis, dalam Bronis (Ngobrol Bisnis) UMKM bertajuk “Kiat Sukses Ekspor Batik Maos, Dari Cilacap ke Mancanegara” dalam program Bronis UMKM Kompas.com, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Kreativitas Perajin Lokal Berhasil Bawa Produk Tampil di KTT G20

Kolaborasi BNI dengan Batik Maos Rajasamas tidak berhenti di situ saja. Hingga saat ini, BNI terus menggelar program-program upskill untuk membina Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Saya sering dapat pameran dari BNI, dapat pembinaan, dan modal bantuan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk modal dengan bunga rendah,” sambungnya.

Selain dari segi pembinaan, ekspor Batik Maos Rajasamas pun dipermudah dari segi proses transaksi di pasar ekspor.

Euis pun merasakan manfaat penggunaan BNI yang mempermudahnya bertransaksi dengan pelanggan mancanegara.

Baca juga: Tea Heaven, Sajikan Teh Berkualitas dari Sukabumi untuk Pasar Domestik

“Kebetulan ada klien dari Arab Saudi ingin transaksi pakai BNI karena BNI ada tersedia di sana. Jadi sudah biasa kita transaksi lewat BNI dari yang lokal maupun luar,” tutur Euis.

Lebih lanjut, pemilik dari Batik Maos Rajasamas ini pun mengaku untuk turut serta dalam program-program binaan dari BNI.

Ke depannya, Euis pun telah mengajukan program usulannya yang mengajak BNI dan Batik Maos Rajasamas untuk terus bersinergi bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com