Tips Jualan Produk UMKM Lewat Live Streaming Media Sosial

Kompas.com - 23/11/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemudahan mengakses media sosial saat ini menjadi salah satu keuntungan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menawarkan produknya. Salah satu cara berjualan di media sosial yaitu lewat siaran langsung atau live streaming.

Tren berjualan lewat live streaming mulai naik daun saat pandemi Covid-19. Orang-orang tetap bisa berinteraksi dengan penjualnya meski hanya bisa lewat kolom komentar. 

Kreator konten Kohcun dan Louisses Scarlett menjadi dua contoh kreator yang sukses memanfaatkan fitur live streaming dan membantu usaha dari UMKM meraup untung.

Mereka membagikan kiat-kiat kepada para pelaku UMKM atau kreator konten yang ingin sukses menggaet penjualan lewat metode live streaming.

"Pertama itu harus konsisten, lalu punya komitmen, dan jangan lupa untuk selalu menghargai dan bersyukur," kata Louisses seperti dikutip dari Antara.

Konsisten dan komitmen yang dimaksud oleh Louisses adalah UMKM atau kreator harus rajin melakukan live streaming di waktu-waktu yang sudah terjadwal.

Baca juga: Tren Perilaku Belanja Online, Lazada: Buru Promo dan Live Streaming

Jika belum mengetahui waktu yang tepat, maka pelaku UMKM atau kreator bisa mencoba di jam-jam yang berbeda dalam satu minggu. Dari sana, pelaku UMKM atau kreator bisa menemukan waktu tepat dari jumlah penonton terbanyak.

Lebih lanjut, dari segi menghargai dan bersyukur diharapkan kreator ataupun pelaku UMKM tidak patah semangat apabila saat siaran langsung berjalan hanya sedikit penonton.

"Kita harus menghargai ya, meski hanya 50 orang tapi kita harus hadapi dengan senyum. Misalnya kalau yang ikut live cuma 10 orang tapi yang sembilan-nya beli itu saja sudah untung kan," kata Louisses.

Kohcun menambahkan, untuk bisa sukses berjualan daring dengan metode live streaming, seorang kreator atau pelaku UMKM harus jujur dengan produk-nya.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.