Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Perilaku Belanja Online, Lazada: Buru Promo dan Live Streaming

Kompas.com - 20/10/2022, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki ekosistem digital, pelaku UMKM perlu memiliki kelihaian dalam membaca tren dan perilaku masyarakat dalam berbelanja online. Tak terkecuali bagi para pegiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Melalui acara Lazada Seller Conference: Level Up 2022, Retail Services Director GfK Market Intelligence, Elvinda Liung, memaparkan analisis mengenai tren dan perilaku belanja online masyarakat Indonesia saat ini.

“61 persen masyarakat menunggu adanya promosi atau sale sebelum melakukan pembelian. Mereka bahkan merencanakan pembelanjaan 4-5 minggu sebelumnya dan secara aktif memburu promo dan diskon,” jelas Elvinda, dalam acara Level Up 2022 di The Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Lazada Gencarkan Edukasi untuk UMKM

Kecenderungan menunggu promo sebelum belanja ini merupakan dampak dari kekhawatiran masyarakat terhadap dampak pandemi dan inflasi.

Selain itu, metode penjualan produk yang kini banyak digrandungi dan menarik perhatian konsumen adalah livestreaming atau siaran langsung.

“Kami juga menemukan konsep livestreaming yang menawarkan dan menjual produk secara langsung di platform e-commerce sebagai cara baru untuk menarik perhatian calon konsumen,” sambung Elvinda.

Menurutnya, konsep berjualan secara livestreaming ini berpotensi meraup keuntungan karena adanya interaksi yang aktif, antara penjual dan pembeli dalam prosesnya.

Baca juga: 5 Tips agar UMKM Sukses Bisnis di Bidang Fashion Pakaian

Analisa mengenai tren dan perilaku belanja online saat ini bisa menjadi referensi bagi pegiat UMKM, untuk berjualan di berbagai platform termasuk Lazada.

Sekaligus menjadi persiapan menyambut festival belanja akhir tahun dan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mendatang

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.