Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Heaven Lights, Bisnis Sampingan Kakak Beradik yang Tembus New York Fashion Week

Kompas.com - 20/10/2022, 07:00 WIB
Gabriela Angelica,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari usaha sampingan kakak-beradik, Heaven Lights mampu membuktikan eksistensinya di pasar global lewat New York Fashion Week (NYFW) 2023.

Head of PR and Marketing Heaven Lights, Anastasia Gretti Schender menceritakan sedikit sejarah dari awal bermulanya brand Heaven Lights.

Clothing Brand yang menawarkan Hijab Fashion sebagai produk utamanya ini bermula dari sebuah bisnis kecil sampingan yang dibangun oleh sepasang kakak-beradik, Jihan Malik dan Emma Malik di tahun 2013.

"Awalnya sebenarnya mereka tidak menyangka Heaven Lights bisa menjadi sebesar ini", ujar Anastasia atau yang akrab disapa Gege dalam acara Media Gathering bersama Tokopedia di Hallf Patiunus, Jakarta, Senin (17/10/2022).

Gege juga menyampaikan, awal mula berdirinya Heaven Lights adalah dari permasalah sehari-hari Jihan dan Emma sebagai perintis yang kesulitan mencari variasi pakaian modest untuk wanita berhijab dengan harga yang masih terjangkau.

Mereka pun memulai usaha dengan melakukan proses kurasi material fashion sendiri dan banyak mencari bahan di pasar. Tahap distribusi produk pakaian pun dilakukan secara pribadi, termasuk pemasarannya.

"Jadi, memang benar-benar dari nol banget Heaven Lights itu. Yang posting (konten) Kak Jihan, yang menjadi model Kak Emma, balas WhatsApp, packing, semuanya sendiri," tambah Gege.

Pada tahun kedua setelah merintis, Heaven Lights mulai berani untuk memproduksi sendiri produknya mulai dari desain hingga teknik pembuatannya meskipun masih dalam skala kecil.

Heaven Lights Melenggang di New York Fashion Week 2023

Koleksi fashion milik Heaven Light dipamerkan di Jakarta. Heaven Light bermula dari sebuah bisnis kecil sampingan yang dibangun oleh sepasang kakak-beradik, Jihan Malik dan Emma Malik di tahun 2013.KOMPAS.com/GABRIELA ANGELICA Koleksi fashion milik Heaven Light dipamerkan di Jakarta. Heaven Light bermula dari sebuah bisnis kecil sampingan yang dibangun oleh sepasang kakak-beradik, Jihan Malik dan Emma Malik di tahun 2013.

Sembilan tahun berjalan, kini Heaven Lights sudah menjadi brand Hijab Fashion ternama di dalam negeri bahkan mulai menunjukkan eksistensinya di pasar global.

Berawal dari mimpi untuk memajukan industri Hijab Fashion dan menembus pasar global, untuk pertama kalinya Heaven Lights dapat menunjukkan produk mereka di New York Fashion Week 2023 dengan dukungan dari Tokopedia.

"Jadi, sebenarnya proses kurasinya itu susah banget. Kita sempat dipandang sebelah mata, itu ada banget. Cuma memang Heaven Lights setiap tahunnya pasti memiliki dua agenda utama, yaitu annual show dan kita selalu bermimpi untuk bisa show internasional, bagaimana pun caranya," tutur Gege.

Gege menceritakan lebih jauh bahwa Heaven Lights di tahun lalu bisa menjadi salah satu brand yang mengisi Dubai Modest Fashion Week 2022, sebelum akhirnya mereka dapat melakukan annual show dan pergi ke New York Fashion Week 2023 dengan bantuan serta dukungan Tokopedia.

Sempat dipandang sebelah mata tidak membuat Heaven Lights kehilangan sinarnya. Heaven Lights tetap bisa membuktikan diri dengan portofolio annual show mereka yang terakhir kepada pihak NYFW.

"Mereka amaze melihat koleksi kita, set decornya, ternyata brand ini proper banget. Termasuk Instagram, campaign-campaign kita, sampai akhirnya kita lolos kurasi, lalu kita juga di-support sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New York," ujar Gege.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com