Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sukses Richard, Bangun Bisnis Talang Air Berbahan Baja Ringan

Kompas.com - 29/11/2022, 09:00 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Ada pepatah bilang, kegigihan, konsistensi, inovasi dan pintar memanfaatkan peluang merupakan kunci sukses bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjalankan bisnisnya.

Sebagai pencetus talang air berbahan galvalum/baja ringan di Jawa Timur, PT Balaraja Kencana Mas berhasil membuktikannya.

Baca juga: Kisah Erna Susilowati, Berawal dari Hutang, Kini Beromzet Lebih dari Rp100 Juta dari Bisnis Roti

Pria yang disapa Richard selaku pemilik PT. Balaraja Kencana Mas menceritakan perjalanan bisnisnya tidaklah mudah. Dengan penuh perjuangan, Richard memegang teguh konsistensi dan menjaga kepercayaan konsumen dalam menjalankan usahanya.

“Berawal di tahun 2012 saya memulai usaha sebagai distributor dari pipa PVC. Perjalanan tersebut tidaklah mudah, dengan penuh perjuangan dan bisnis yang tidak selalu untung, saya berpegang teguh pada konsistensi dan menjaga kepercayaan pelanggan dalam menjalankan usaha,” kata Richard saat ditemui di pabrik PT Balaraja Kencana Mas dalam keterangannya.

Seiring dengan berjalanya waktu, Richard melihat peluang baru dengan hadirnya bahan baku berjenis galvalum/baja ringan.

Richard, pemilik PT Balaraja Kencana Mas, produsen talang air berbahan galvalum/baja ringan di Jawa Timur.Dok. KemenKopUKM Richard, pemilik PT Balaraja Kencana Mas, produsen talang air berbahan galvalum/baja ringan di Jawa Timur.

Menurut Richard, selain lebih tahan terhadap hama, galvalum/baja ringan lebih mudah untuk dipasang.

Selain itu galvanum/baja ringan saat itu merupakan barang baru di Indonesia. Oleh sebab itu dirinya merasa beruntung. Galvalum/baja ringan dinilai memiliki peluang yang bagus untuk dipasarkan di Jawa Timur.

Baca juga: Kisah Akmal Idrus, Ciptakan Produk Ramah Lingkungan dari Isu Sosial

Ia bercerita pola konvensional rangka konstruksi berbahan dasar bambu mulai ditinggalkan karena diperlukan kemampuan khusus untuk membangun konstruksi. Galvalum/baja ringan merupakan barang baru di Indonesia dan lebih mudah dipasang seperti puzzle.

Richard memanfaatkan galvalum/baja ringan untuk berkreasi membuat talang air kotak berbahan galvalum/baja ringan yang sudah ia patenkan.

“Karena saya bermula dari pipa PVC, saya memahami akan kebutuhan konsumen untuk talang air, jadi pelan pelan saya ingin menciptakan penggantinya PVC, saya sering denger dari konsumen, talang air berbahan PVC cepat rusak, ini yang membuat saya ingin memberikan satu solusi untuk talang air ini,” kata Richard.

Pembuatan talang air berbahan galvalum/baja ringan di PT Balaraja Kencana Mas, Jawa Timur.Dok. KemenKopUKM Pembuatan talang air berbahan galvalum/baja ringan di PT Balaraja Kencana Mas, Jawa Timur.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.